logo pta6

Lika-Liku Pembinaan dan Pengawasan Hatibinwasda PTA Palangka Raya Semester II Tahun 2022

Written by Abdul Ghoni Hamid on . Posted in Berita Utama

Written by Abdul Ghoni Hamid on . Hits: 144Posted in Berita Utama

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Lika-Liku Pembinaan dan Pengawasan Hatibinwasda PTA Palangka Raya Semester II Tahun 2022

1

Palangka Raya II www.pta-palangkaraya.go.id

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya Nomor: W16-A/1423/PS.01/IX/2022 tanggal 8 September 2022 tentang Penunjukan Hakim Tinggi Pembina dan Pengawas Daerah Tahun 2022, seluruh Hakim Tinggi mulai bergerak melakukan tugas pembinaan dan pengawasan kepada 13 (tiga belas) Pengadilan Tingkat Pertama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya sejak tanggal 26 September 2022 sampai dengan 14 Oktober 2022.

Wilayah Kalimantan Tengah yang sangat terbilang sangat luas, yaitu 153.564 Km2, menjadi tantangan tersendiri bagi anggota Hatibinwasda PTA Palangka Raya. Dari jarak Pengadilan Agama terdekat yaitu Pengadilan Agama Kasongan sejauh 88 Km2 sampai Pengadilan Agama Sukamara dengan jarak tempuh 686 Km2. Bahkan ketika kondisi jalan mengalami banjir, Tim Hatibinwasda Pengadilan Agama Sukamara, harus berkeliling menempuh perjalanan selama 15 jam untuk dapat menuju ke Satuan Kerja tujuan.

2

Namun, sekalipun Tim Hatibinwasda cukup disulitkan dengan kondisi jarak tempuh yang cukup jauh, tidak menyurutkan semangat anggota tim untuk menjalankan tugas yang telah dibebankan. Seluruh anggota tim tetap berkomitmen untuk semaksimal mungkin memberikan pembinaan kepada seluruh satuan kerja di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya.

Ketua Tim Binwas Pengadilan Agama Sukamara dan Pengadilan Agama Pangkalan Bun, Dr. Mustar, M.H. kepada Tim Redaksi menyampaikan bahwa Perjalanan ke Pengadilan Agama Sukamara kemarin ditempuh selama 15 jam, karena akses jalan biasa terdampak banjir.

"Karena kondisi jalan Pangkalan Bun - Sukamara banjir, kami kemarin harus memutar melewati Kabupaten Lamandau menuju Sukamara, dengan waktu selama 15 jam. Cukup melelahkan, namun cukup mengasyikkan" ungkap Mustar.

IMG 20181219 WA0002

*Sumber Foto Website PA Sukamara, saat banjir beberapa waktu lalu

Di luar semua itu, seluruh tim Hatibinwasda sepakat memberikan apresiasi kepada seluruh satuan kerja di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, yang sampai saat ini sudah bekerja dan berkinerja sangat baik. Terlebih satuan kerja Pengadilan Agama yang baru dibentuk, karena dengan kondisi SDM yang masih sedikit serta kondisi sarana dan prasarana yang sangat minim, tidak mengurangi semangat semuanya untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

4

Terbukti dengan beberapa capaian kinerja Pengadilan Agama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya baik di tingkat propinsi maupun di tingkat nasional. Seperti terbaik SIPP, terbaik realisasi anggaran, terbaik realisasi capaian IKPA, terbaik keberhasilan mediasi dan sebagainya yang diporoleh secara merata oleh semua Pengadilan Agama. <hmd>

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media