header pta Baru

GERIMIS MENEMANI “LAMPION”

Written by aulia karimah on . Posted in Tamiang Layang

Written by aulia karimah on . Hits: 423Posted in Tamiang Layang

GERIMIS MENEMANI “LAMPION”

Tamla 2701

Masih dalam rangka pembinaan secara daring yang dikomandoi oleh Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, “Lampion” terus berlanjut. Dengan mengusung tema “Peningkatan Teknik Administrasi Persidangan”, yang membawakan materi kali ini Bapak Drs. Ahmad Nasohah, M.H. Hakim Tinggi PTA Palangka Raya.

Meskipun sepanjang acara berlangsung ditemani suasana gerimis sejak sholat jum’at dan secara bertahap kembali cerah, semangat peserta tidak kendor yang diikuti seluruh satker Pengadilan Agama di wilayah PTA Palangka Raya. Di waktu yang bersamaan, peserta dari PA Tamiang Layang yang diikuti jajaran Pimpinan dan Kepaniteraan pun tidak  kalah semangat mengikuti dari awal sampai akhir acara.

Acara yang dipandu oleh Bapak H. Muhammad Sidik, S.H. selaku moderator ini dimulai dengan menyapa seluruh peserta yang hadir via zoom yang kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh nara sumber. Dalam pengantarnya, Bapak Drs. Ahmad Nasohah, M.H. menyampaikan trik-trik di satuan kerja untuk memperoleh banyak penghargaan yang prestisius pada saat beliau memimpin di satker tingkat pertama. Soliditas seluruh aparatur dimulai dari pimpinan sampai ke tingkat paling bawah menjadi kunci keberhasilan utama meskipun dengan keterbatasan SDM pada saat itu yang mengantarkan beliau untuk mempresentasi langsung kepada Dirjen pada saat itu. 

 

Tamla 2702

Lebih lanjut, teknik administrasi persidangan yang dimulai dari sebelum persidangan seperti pemanggilan. Penentuan hari sidang diharapkan jangan terlalu lama jarak waktunya, panggilan disesuaikan dengan kondisi setempat. Dengan memanfaatkan teknologi saat ini, tentu lebih mudah dan cepat dalam melakukan bantuan panggilan ke pengadilan agama yang lain sehingga tidak memerlukan dan membutuhkan waktu yang lama. Meskipun demikian, tentu dalam tahapan-tahapan persidangan lebih diperhatikan, bukan berarti cepat diselesaikan mengabaikan kehati-hatian dan ketelitian dalam memeriksa perkara. Tenik administrasi persidangan tidak berhenti di pemanggilan, akan tetapi itu merupakan awal yang kemudian dilanjutkan persidangan, mediasi, tahap jawab menjawab, pembuktian sampai dengan putusan.

Sebegai kata penutup, kembali narasumber menekankan kesolidan aparatur, dan jangan berhenti mengikuti perkembangan yang terus pesat, serta tidak lupa dengan menjaga kesehatan.

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media