header pta Baru

KETUA PA TAMLA HADIRI RAKOR PERDANA PASCA NEW NORMAL

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Tamiang Layang

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 627Posted in Tamiang Layang

KETUA PA TAMLA HADIRI RAKOR PERDANA PASCA NEW NORMAL

Palangka Raya (31/8/2020) ? PA. Tamiang Layang

Ketua PA Tamla Ahmad Padli bersama dengan Wakil Ketua Samsul Bahri, Panitera Sogiannor dan Sekretaris Saihuni berhadir dalam Rakor yang dilaksanakan oleh PTA Palangka Raya, Jum'at (28/8/2020) di Aula Gedung PTA Palangka Raya.

http://pa-tamianglayang.go.id/images/_MG_9738.JPG

Rakor perdana pasca new normal tersebut dimulai pukul 8.00 WIB dengan  dibuka secara resmi oleh Ketua PTA Palangkaraya Dr. H. Samparaja, S.H., M.H. dan diikuti oleh seluruh pimpinan Pengadilan Agama di Kalimantan Tengah.

Kesempatan pertama pemaparan tentang permasalahan bidang Kepaniteraan yang disampaikan oleh Panitera PTA Palangka Raya Drs. H. Sidiq, M.H. Dalam pemaparannya disampaikan tentang prestasi seluruh satuan kerja Pengadilan Agama di Kalimantan Tengah mulai dari capaian SIPP, uploud putusan hingga laporan bulanan.

Dari pemaparan Panitera PTA Palangka Raya diketahui untuk PA Tamla bisa memberikan kinerja yang cukup mengembirakan, dimana PA Tamla berhasil meraih posisi kedua untuk kinerja SIPP kategori V, yaitu Pengadilan Agama yang menangani 0-250 perkara.

Kempatan kedua pemaparan bidang Kesekretariatan yang disampaikan oleh Sekretaris PTA Palangka Raya Ibu Hj. Laila Istiada, S.Ag. Dari keterangan yang disampaikan oleh Sekretaris PTA yang baru saja dilantik ini menyoroti hasil realisasi anggaran yang masih minim. Terungkap hingga akhir semester I, capaian realisasi anggaran masih banyak yang belum memenuhi target di atas 50 persen. Kondisi ini menjadi perhatian serius dari Sekretaris PTA Palangka Raya agar semua satua kerja di wilayah PTA Palangka Raya bisa segera melakukan segala usaha untuk memenuhi capaian realisasi anggaran. Sementara untuk PA Tamla dalam realisasi anggaran diketahui telah berhasil mencapai 51 persen. Prasentasi tersebut mampu membawa PA Tamla ke posisi kedua diantara Pengadilan Agama di Kalimantan Tengah.

Kesempatan berikutnya pemaparan tentang Administrasi Perkara dan Persidangan yang disampaikan oleh Hakim Tinggi PTA Palangka Raya Drs. H. Moh. Mujib, M.H. Hakim Tinggi menyoroti tentang percepatan penanganan perkara untuk mendongkrak kinerja SIPP, seperti pembuatan PMH, PHS, penudaan sidang dan uploud putusan agar dilakukan secepat mungkin serta selalu menjaga protokol kesehatan saat pelayanan di Pengadilan Agama. Hakim Tinggi menegaskan agar jangan sampai terjadi penumpukan antrian massa di Pengadilan Agama. Untuk itu Hakim Tinggi menyerukan kepada peserta rakor agar maksimal dalam memanfaatkan kemajuan teknologi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua PTA Drs. H. Makmun, S.H., M.H. memberikan arahan tentang pentingnya pengawasan atasan secara langsung dalam meningkatkan kinerja peradilan Agama. Wakil PTA juga meminta kedisiplinan Hakim Pengawas Bidang dalam melakukan pengawasan setiap triwulan dan melaporkannya secara berjenjang ke PTA.

Diakhir rakor Ketua PTA Palangka Raya Dr. H. Samparaja, S.H., M.H. memberikan materi seputar permasalahan hukum di peradilan Agama, diantaranya materi tentang eksekusi. Ketua PTA memberikan penjelasan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan eksekusi, seperti penting membaca amar putusan untuk menghindari kekeliruan terhadap obyek yang akan dieksekusi.

Ketua PA Tamla Ahmad Padli cukup terkesan dengan semua pemaparan yang disampaikan secara bergantian dari para narasumber. Orang nomor satu di PA Tamla ini akan mengadakan rapat bersama semua jajaran PA Tamla untuk mensosialisasikan hasil rakor yang dilaksanakan PTA Palangka Raya dengan seluruh Pengadilan Agama se-Kelimantan Tengah.

“Hari Kamis nanti (3/9/2020), kita akan mengadakan rapat untuk membahas hasil rakor yang telah dilaksanakan di Palangka Raya”, ucap Ketua PA Tamla saat apel pagi senin lalu kepada seluruh aparatur PA Tamla. (acl)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media