logo pta6

ekspose pengawasan

Written by Edi on . Posted in Tamiang Layang

Written by Edi on . Hits: 232Posted in Tamiang Layang

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

ekspose pengawasan

Pengadilan Agama Tamiang Layang, 

Kamis 02 April 2020 Tim Hawasbid PA Tamiang Layang mengadadakan ekspose hasil pengawasan bidang triwulan I pada hari senin pukul 13.30 di aula pengadilan agama tamiang layang. berdasarkan surat keputusan No: W16-A/203/KP.02.1/III/2020   tentang Pengawasan internal oleh Hakim Pengawas bidang Pengawasan di lakukan selama tiga hari kerja dari tanggal 27 -31 Maret 2020


WhatsApp Image 2020-04-02 at 14.50.36.jpeg

Ekspose dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Tamiang Layang, para Hakim dan pejabat Struktural / Fungsional serta seluruh Aparatur Pengadilan Agama Tamiang Layang. Acara yang bertajuk ekspos hasil temuan Hawasbid Triwulan I tahun 2020 tersebut dibuka oleh  Murtodi, S. Kom., S.H selaku Sekretaris pada pukul 13.30 WIB.

Pada pengawasan regular triwulan I Tahun 2020 kali ini ada beberapa evaluasi dan temuan yang disampaikan oleh Hawasbid terhadap kinerja Pengadilan Agama Tamiang Layang dengan Ruang Lingkup Pengawasan meliputi; Administrasi Teknis Yustisial  (Kepaniteraan) dan administrasi Kesekretariatan. (Non Teknis Yustisial).

Ekpose hasil temuan Hawasbid disampaikan oleh Hakim PA Tamiang Layang Sulyadi, S.H.I., M.H. selaku anggota Hawasbid. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan hasil pengawasan di bidang kesekretariatan 

Secara umum dapat dilaporkan Sulyadi bahwa kinerja para pegawai Pengadilan Agama Tamiang Layang sudah baik hanya ada beberapa temuan yang sifatnya sederhana dikarenakan kurang ketelitian dalam bekerja, dengan begitu beliau berharap agar temuan dalam pengawasan ini dapat segera ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait dan agar lebih teliti lagi dalam melakukan pekerjaan sehingga dalam pengawasan berikutnya tidak ada lagi temuan yang sama seperti temuan pada pengawasan kali ini. 

Sementara dalam paparan hasil pengawasan bidang kepaniteraan yang disampaikan oleh Samsul Bahri, S.H.I  sekaligus selaku koordinator Hawasbid tidak jauh berbeda dari yang disampaikan Sulyadi, dimana menurut Samsul kinerja bidang kepaniteraan relatif telah berjalan dengan baik memberikan hal tersebut dibuktikan dengan tidak ada temuan yang sifatnya fatal.

“Bidang kepaniteraan secara umum kami menilai sudah berjalan baik, temua-temuan yang kami dapat tidak ada yang berakibat fatal”, ucap Samsul di hadapan seluruh aparatur PA Tamla. 

Menanggapi hasil laporan Hakim Pengawas yang telah disampaikan, Ketua PA Tamiang Layang  Ahmad Padli, S. Ag., M.H. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada hakim pengawas bidang yang telah menjalankan tugas pengawasan untuk triwulan I. ditambahkan Padli bahwa ia ingin pengawasan di PA Tamla bukan sekedar formalitas semata, namun memang betul-betul bisa dijadikan sebagai sebuah alat mengontrol kinerja aparatur PA Tamla secara umum. Dalam sambutannya Padli juga menegaskan bahwa pengawasan internal merupakan alat penyeimbang dalam pelaksanaan tugas. 

“Saya menginginkan pengawasan di PA Tamiang Layang betul-betul sebuah pengawasan yang bisa dijadikan penilaian atas kinerja aparatur PA Tamiang Layang. Saya memang meminta kepada hakim pengawas agar betul-betul menjalankan tugasnya”, tegas Padli.

Ekspose pengawasan ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan pengawasan yang dilakukan secara periodik untuk mengevaluasi kinerja Pengadilan Agama Tamiang Layang selama triwulan pertama sehingga bisa diukur sejauh mana pencapaian yang telah dilakukan dan  bidang – bidang apa yang masih perlu untuk ditingkatkan lagi. Ahmad Padli berharap hasil temuan, kritik, saran, petunjuk dari hawasbid dapat dijadikan masukan untuk perbaikan kinerja internal PA Tamiang Layang dan aparatur baik di bidang kepaniteraan maupun kesekretariatan. Hanya saja beliau menekankan bahwa pengawasan oleh atasan langsung terhadap bawahan perlu dilakukan secara rutin untuk evaluasi kinerja dan peningkatan pelayanan. 

 Di akhir acara, para pejabat kepaniteraan dan kesekretariatan menandatangani pernyataan tindak lanjut atas semua temuan yang telah disampaikan oleh Hakim Pengawasdi. Ketua PA Tamla langsung menyaksikan penandatanganan tersebut dan meminta semua pejabat segera menyelesaikan semua temuan yang sudah ada.

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media