header pta Baru

Transfer of Knowledge dan Sharing, Agenda Diskusi Hukum PA Sukamara Curi Perhatian Audience

Written by Hair Rullah on . Posted in Sukamara

Written by Hair Rullah on . Hits: 446Posted in Sukamara

Transfer of Knowledge dan Sharing, Agenda Diskusi Hukum PA Sukamara Curi Perhatian Audience

Diskusi Hukum Agustus 2021

Sukamara, Senin (9/8/2021) Agenda Diskusi Hukum Pengadilan Agama Sukamara telah dilaksanakan dengan baik. Diskusi Hukum dilaksanakan di Ruang Sidang Utama pada pukul 15.00 WIB, setelah agenda Closing Meeting Asessment Internal Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) selesai digelar. Diskusi kali ini dipimpin oleh YM Erik Aswandi S.H.I sebagai pemateri dan dimoderatori langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukamara, YM Ahmad Satiri, S.Ag., M.H.

Pembahasan diskusi hukum bulan ini bertemakan “Hak Anak dan Hak Wali Dalam Penetapan Penetapan Perwalian”. Selang beberapa menit setelah penyampaian materi, tema ini berhasil mencuri perhatian seluruh audience yang merupakan aparatur Pengadilan Agama Sukamara. Dalam materi yang disampaikan, YM Erik Aswandi menjelaskan mengenai kedudukan dan Hak Anak maupun Wali dalam Perwalian. 

Secara khusus, Perwalian diatur dalam tiga Sistem Hukum yang berlaku di Indonesia, yaitu:  Burgerlijk Wetboek (BW) atau Hukum Positif, Hukum Islam, dan Hukum Adat. Pada realitanya, beberapa peraturan perundang-undangan tidak mengatur secara rinci dan jelas mengenai beberapa hal dalam Perwalian, sehingga dibutuhkan Yurisprudensi dan Ijtihad dari para hakim dalam mengambil sebuah keputusan. Alih-alih mengambil peraturan yang sudah ada kerapkali terjadi ketidaksinkronan dalam aturan satu dengan aturang yang lain dalam masalah perwalian ini. 

Kegiatan Diskusi Hukum diakhiri dengan sesi tanya jawab paralel dan ditutup oleh moderator. Agenda ini akan dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan sebagai wadah transfer of knowledge dan sharing aparatur PA Sukamara, khususnya di bidang hukum dan peradilan. (redaksi PA Skr/Ca/Ad)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media