header pta Baru

Kajian di Bulan Ramadhan, Kitab Riyadhusshalihin Bab 32: Keutamaan Orang- orang yang Lemah, Orang-orang Fakir dan Orang-orang yang Tidak Terkenal dari Kalangan Kaum Muslimin

Written by pa_sukamara on . Posted in Sukamara

Written by pa_sukamara on . Hits: 60Posted in Sukamara

Kajian di Bulan Ramadhan, Kitab Riyadhusshalihin Bab 32: Keutamaan Orang- orang yang Lemah, Orang-orang Fakir dan Orang-orang yang Tidak Terkenal dari Kalangan Kaum Muslimin

APP Pengadilan Agama Sukamara sedang menyampaikan kajian bulan Ramadhan, Selasa, (26/03/2024) /doc pa skr

Sukamara, Selasa, (26/03/2024) Kembali selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah kegiatan berupa kajian kitab Riyadlusshalihin di Pengadilan Agama Sukamara dilaksanakan, seluruh Aparatur Pengadilan Agama Sukamara dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, pejabat fungsional, pejabat struktural, ASN Pelaksana serta PPNPN kembali berkumpul di Media Center Pengadilan Agama Sukamara yang sampai sekarang masih dimanfaatkan untuk mushalla kantor.

Di hari ke 15 (lima belas)  Ramadhan ini, tanggal 26 Maret 2024, sama seperti hari-hari sebelumnya kegiatan kajian kitab Riyadlusshalihin diawali dengan melaksanakan sholat Dzuhur berjamah di Media Center (Musholla sementara). Selanjutnya, kajian kitab Riyadlusshalihin yang disampaikan oleh Analis Perkara Peradilan Pengadilan Agama Sukamara, yakni Ibu Disca Betty Viviansari, tema yang disampaikan pada kesempatan tersebut “Kitab Riyadhusshalihin Bab 32: Keutamaan Orang- orang yang Lemah, Orang-orang Fakir dan Orang-orang yang Tidak Terkenal dari Kalangan Kaum Muslimin”.

Imam An-Nawawi rahimahullah mengutip firman Allah Ta'ala,

وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ وَلا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ 

“Dan sabarkanlah dirimu bersama orang-orang-orang yang menyeru Rabbnya di waktu pagi dan petang, mereka menginginkan wajah-Nya dan janganlah engkau hindarkan pandanganmu terhadap mereka itu”. (QS. Al-Kahfi:18:28)

Adapun hadits-hadits tentang hal ini di antaranya adalah hadits dari Harits bin Wahab radhiyallahu anhu yaitu:

عن حَارِثَة بْنِ وهْب رضي اللَّه عنه قال : سمعتُ رسولَ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يقولُ : « أَلا أُخْبِرُكُمْ بِأَهْلِ الجنَّةِ ؟ كُلُّ ضَعيفٍ مُتَضَعِّفٍ لَوْ أَقْسَم عَلَى اللَّه لأبرَّه ، أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بَأَهْلِ النَّارِ؟ كُلُّ عُتُلٍّ جَوَّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ » . متفقٌ عليه .

“Dari Haritsah bin Wahab ra. dia berkata, "Saya mendengar Rasulullah g; bersabda, "Maukah kalian saya kabarkan tentang penduduk syurga? Mereka adalah setiap orang yang lemah dan dianggap lemah (oleh manusia-pent). Namun jika dia bersumpah atas nama Allah, maka Allah pasti mengabulkannya. Dan maukah kalian saya kabarkan tentang penduduk neraka? Mereka adalah setiap orang yang keras hati, penumpuk harta, dan orang yangsombong." (Muttafaqun'alaihi)

Setelah kajian singkat selesai, seluruh Aparatur Pengadilan Agama Sukamara kembali ke aktifitasnya masing-masing. (red pa skr/an)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media