header pta Baru

Ramadhan PA Sukamara !!! Ngaji Kitab Riyadhus Shalihin Bab Taubat

on . Posted in Sukamara

on . Hits: 366Posted in Sukamara

Ramadhan PA Sukamara !!! Ngaji Kitab Riyadhus Shalihin Bab Taubat

 

(Ketua PA Sukamara saat mengisi kajian kitab Riyadhus Shalihin pada bulan Ramadhan di ruang Musholla Pengadilan Agama Sukamara, Senin (27/03/2023)/doc pa skr

Sukamara, Senin (27/03/2023) Berbeda dengan ramadhan tahun lalu, pada tahun 2023 ini tepatnya di hari Senin ini Pengadilan Agama Sukamara melaksanakan kegiatan kajian kitab Riyadhus Shalihin bab Taubat. Perdana di Ramadhan tahun 2023 ini Pengadilan Agama Sukamara melaksanakan kegiatan pembinaan mental bagi para pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Sukamara. Kegiatan bertemakan mengaji ini dilaksanakan di ruang musholla PA Sukamara setelah sholat Dzuhur. Hadir dalam kegiatan tersebut segenap pegawai di lingkungan PA Sukamara.

Pada even Ramadhan ini, pertama kalinya, Ketua PA Sukamara, Ahmad Satiri, S.Ag., M.H. yang mengisi kajiannya. Acara dibuka oleh pembawa acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sekaligus kajian Bab Kedua dalam Kitab hadis Riyadhus Shalihin mengenai taubat.

Pada even kali ini narasumber menjelaskan satu hadis mengenai pentingnya taubat yang pada pokoknya terjemahannya sebagai berikut: Para ulama’ berkata Taubat dari semua dosa wajib hukumnya jika maksiat terjadi antara seorang hamba dengan Allah dan tidak berkaitan dengan hak-hak manusia maka syarat taubatnya ada tiga, yaitu pertama meninggalkan kemaksiatan, kedua menyesali perbuatannya, dan ketiga bertekad untuk tidak mengulanginya. Artinya jika hilang salah satu syarat tersebut maka taubatnya tidak sah.

Namun, jika maksiat yang berkaitan dengan hak-hak manusia, maka syarat taubatnya ada empat yaitu ketiga syarat diatas dan membebaskan diri dari hak orang lain. Pada hadis tersebut mengandung pesan bahwa sah atau tidaknya taubat seorang hamba itu dinilai oleh Allah SWT dari kriteria-kriteria tersebut diatas. (red paskr/ad)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media