header pta Baru

“PTSP Keliling Upgrade” Inovasi Pengadilan Agama Sukamara Awal Tahun 2023

on . Posted in Sukamara

on . Hits: 202Posted in Sukamara

“PTSP Keliling Upgrade” Inovasi Pengadilan Agama Sukamara Awal Tahun 2023

 

(salah satu petugas PTSP Keliling Pengadilan Agama Sukamara saat memberikan pelayanan kepada para pihak pencari keadilan di Balai Nikah KUA Kecamatan Balai Riam, Sukamara, Rabu (25/01/2023)/doc pa skr

Sukamara, Rabu (25/01/2023) Pengadilan Agama Sukamara terus berbenah dan mengupgrade beberapa inovasi guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan di wilayah hukum Kabupaten Sukamara. Kali ini pada tahun 2023 dilakukan upgrade inovasi yaitu Pelayanan Terpadu Satu Pintu Keliling atau yang lebih akrab disebut PTSP Keliling yang mengalami beberapa perubahan dan penambahan fitur dan program. Untuk diketahui, Konsep PTSP Keliling ini menjadi satu dengan program sidang keliling atau sidang di luar gedung, tujuannya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan berkaitan dengan pelayanan Pengadilan Agama yang dilaksanakan di luar gedung.

Pada tahun 2022 ada beberapa layanan yang disiapkan bagi para pencari keadilan dalam inovasi PTSP Keliling ini, diantaranya: Informasi, Pendaftaran Perkara, Penyerahan Produk Pengadilan, dan Pengembalian Sisa Panjar dan beberapa layanan lain yang berbasis PTSP Pengadilan Agama. Namun, pada tahun 2022 untuk pendaftaran hanya sebatas daftar saja, namun tidak langsung dapat nomor perkara. Berbeda dengan tahun 2023 ini PTSP Keliling memiliki program daftar perkara langsung dapat nomor perkara langsung saat itu juga. Dimana untuk pembayaran panjar biaya perkara bisa dilakukan oleh para pihak secara langsung pada PTSP keliling ini yang pada tahun 2022 tidak bisa bayar panjar langsung jika ingin mendaftar perkara.

Pada tahun 2023 ini PTSP Keliling PA Sukamara diupgrade secara total dan tidak lagi parsial pelayanannya kepada para pencari keadilan seperti pada tahun 2022 yang lalu. Karena model pelayanan PTSP keliling ini 100 persen sama dengan PTSP di kantor Pengadilan Agama Sukamara. 

Dengan mengusung grand desain tema utama yakni “Siap Melayani dengan PERMATA (Profesional, Elegan, Ramah, Mandiri, Akuntabel, Transparan, dan Amanah). PTSP Keliling ini menjadi sebuah terobosan baru bagi Pengadilan Agama Sukamara disamping model PTSP Online, bentuk PTSP Keliling ini juga cukup efektif untuk memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat dengan mendatangi tempat atau wilayah kediaman para pencari keadilan yang menjadi objek sidang keliling atau sidang di luar gedung. (red pa skr/ad)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media