header pta Baru

Ketua PA Sampit Menghadiri Acara Mandi Safar

Written by Super User on . Posted in Sampit

Written by Super User on . Hits: 1123Posted in Sampit

Ketua PA Sampit Menghadiri Acara Mandi Safar 

G:\BERITA\BERITA PA SAMPIT 2019\OKTOBER\mandui.jpgSampit | www.pa-sampit.go.id

Kegiatan mandi safar merupakan salah satu event wisata Kotim yang dilaksanakan pada Rabu terakhir bulan safar. Pelaksanaannya akan dilakukan di Sungai Mentaya, terutama di Dermaga Habaring Hurung.

Kegiatan wisata tersebut memang menjadi rangkaian setiap tahun. Bahkan juga jadi salah satu event yang ditunggu-tunggu masyarakat. Karena mereka akan berbondong-bondong menceburkan diri ke sungai secara bersama-sama. Kegiatan yang dibalut menjadi pariwisata itu dipercaya untuk menolak bala bencana terhadap diri sendiri.

Pada hari Rabu tanggal 23 Oktober 2019 pukul 13.30 WIB Ketua PA Sampit Norhadi, S.H.I. menghadiri kegiatan mandi safar tersebut yang dilaksanakan Pemkab Kotawaringin Timur dan dirangkai dengan acara sunatan massal dan makan bubur asyura.G:\BERITA\BERITA PA SAMPIT 2019\OKTOBER\mandui3.jpg

Acara yang digelar di area Ikon Ikan Jelawat, Pelabuhan Habaring Hurung Sampit dan Sungai Mentaya dibuka oleh Bupati Kotim H. Supian Hadi, S.Ikom didampingi oleh Sekda Kotim dan sejumlah pejabat lainnya. Rangkaian kegiatan dan lomba, adalah bazar kue/wadai tradisional, lomba tari pesisir, maulid Al Habsyi dan fashion show/peragaan busana batik Kotim.

Ditempat tersebut, masyarakat yang datang akan menceburkan diri ke sungai. Sebagai prosesi turun temurun dari nenek moyang jaman dulu di Kotim ini. Masyarakat yang mengikuti ritual adat mandi safar sebelum menceburkan diri kesungai telah membekali diri dengan daun sawang yang diikat di pinggang. Sesuai kepercayaan warga dengan membekali diri pakai daun sawang akan terjaga keselamatannya. Tradisi adat itu disertai ritual yang dipimpin oleh seorang tokoh adat.G:\BERITA\BERITA PA SAMPIT 2019\OKTOBER\mandi safar.jpgG:\BERITA\BERITA PA SAMPIT 2019\OKTOBER\mandui4.jpg

Pada kesempatan ini pula disediakan doorprize dengan berbagai hadiah yang menarik  bagi peserta mandi safar. (Tim Redaksi PA Sampit) 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media