header pta Baru

139. MEMAKSIMALKAN WAKTU (kultum Ramadhan Hari Ke 10)

Written by PA Sampit on . Posted in Sampit

Written by PA Sampit on . Hits: 585Posted in Sampit

Sampit | www.pa-sampit.go.id

 

Kamis 22/04/2021 Bertempat di musholla Pengadilan Agama Sampit seperti biasa selama bulan Ramadhan dilaksanakan Sholat Dzuhur berjamaah kemudian dilanjutkan dengan kultum yang disampaikan secara bergiliran sesuai yang telah dijadwalkan.

Kali ini kultum disampaikan oleh hakim Pengadilan Agama Sampit Santi, S.Sy. yang diberi judul “Memaksimalkan Waktu” dan yang menjadi moderator adalah Ragil Triwicaksana (PPNPN)

Dia menyapaikan bahwa Nabi mengatakan sampaikanlah walau satu ayat namun pada kultum kali ini saya akan menyampaikan 2 ayat ujarnya, yakni firman Allah dalam surat Al-Insyirah ayat 7-8.

                                                                                          ﴾٨﴿    وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَبْ  ﴾٧﴿  فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ

Yang artinya

[94:7] Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.

[94:8] dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

Dari ayat tersebut, mufassir menafsirkan 3 Hal, yang pertama Adanya Planing,  kita harus punya planning untuk mengatur waktu misalnya hari ini kita mau ngapain, apa yang akan dilakukan jangan sampai waktu terbuang sia-sia kita semua memiliki waktu yang sama yakni 24 jam sehari semalam tinggal kita bagaimana memanfaatkanya , ujarnya

Selanjutnya yang kedua yakni laksanakan pekerjaan sebaik-baiknya dilihat dari prioritas terlebih dahulu, kita harus tau mana pekerjaan yang menjadi prioritas yang akan kita dahulukan dan pekerjaan yang tidak mendesak yang dapat dilakukan setelah yang prioritas

Kemudian yang ketiga yaitu ketika selesai, segera melakukan pekerjaan yang lain.

Lebih lanjut dia menyampaikan menurut imam Syafi’I : Time is like a sword if you can’t cut it. It will cut you. Waktu itu ibarat seperti pedang, kalau kamu tidak mampu memotongnya maka ia akan memotongmu.(uw)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media