header pta Baru

Sosialisasi SAKIP oleh Panitera PA Sampit

Written by Mursidi, S.H. on . Posted in Sampit

Written by Mursidi, S.H. on . Hits: 620Posted in Sampit

Sosialisasi SAKIP oleh Panitera PA Sampit

E:UMI2020AREA I PA SAMPIT ZI-newsakip1.jpg

Sampit| www.pa-sampit.go.id

Pada hari Kamis tanggal 05 Maret 2020, pukul 08.00 WIB bertempat di Ruang Rapat PA Sampit dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Hasil Diklat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kepada seluruh ASN dan PPNPN PA Sampit, yang menjadi Narasumber adalah Panitera PA Sampit  Frislyasi, S.H.I. yang beberapa waktu lalu telah mengikuti Diklat SAKIP pada tanggal 9 – 26 Februari 2020 bertempat di Kampus Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI Jalan Cikopo Selatan Desa Suka Maju Kecamatan Megamendung Bogor – Jawa Barat. 

Bu Asih panggilan akrab Panitera PA Sampit ini menyampaikan bahwa SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.

E:UMI2020AREA I PA SAMPIT ZI-newSakip.jpg

Dokumen SAKIP terdiri atas dokumen perencanaan, pengukuran, pelaporan, evaluasi dan capaian, adapun bentuk nyata dari Dokumen SAKIP adalah Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana Kerja (Renja) dan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJiP.)

Sosialisasi ini juga membahas tentang apa saja yang perlu dilakukan untuk menyusun Dokumen SAKIP, yaitu adanya Tim Penyusunan Dokumen SAKIP dan LKjIP, antara Bagian Kepaniteraan dan Kesekretariatan saling bekerjasama untuk dapat memberikan data yang diperlukan secara cepat, tepat dan akurat untuk penyusunan Laporan Kinerja Instansi Instansi Pemerintah (LKjIP) ini yang merupakan bagian dari Dokumen SAKIP, sehingga  laporan yang dihasilkan akurat dan sesuai dengan kondisi real pada PA Sampit. (Tim Redaksi PA Sampit)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media