header pta Baru

Admin Aplikasi PENDA KETAPI Pengadilan Agama Pulang Pisau Berikan Pemaparan Kepada Dukcapil

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Hits: 288Posted in Pulang Pisau

Admin Aplikasi PENDA KETAPI Pengadilan Agama Pulang Pisau Berikan Pemaparan Kepada Dukcapil

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Admin aplikasi PENDA KETAPI (Perubahan Data Administrasi Kependudukan secara Terpadu dan Responsif) di Pengadilan Agama Pulang Pisau memberikan pemaparan mengenai penggunaan aplikasi tersebut ke petugas Disdukcapil Kabupaten Pulang Pisau. Admin aplikasi tersebut yakni Pradivta Eka Valdi, S.Kom dan Sauni, S.Kom yang didampingi oleh Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Erpan, S.H., M.H. menjelaskan bagaimana cara pemakaian dalam aplikasi tersebut, bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pulang Pisau (11/01/2022).

Aplikasi Penda Ketapi (Perubahan Data Administrasi Kependudukan secara Terpadu dan Responsif) merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan perubahan data para pihak yang mengajukan perceraian dan telah mendapatkan putusan. Bekerjasama dengan Kementerian Agama juga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dengan menggunakan aplikasi Penda Ketapi ini maka bisa diajukan perubahan data yang kemudian akan diterbitkan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk terbaru. Dengan melampirkan beberapa berkas yang diperlukan seperti surat permohonan, Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Akta Cerai, Kutipan Akta Nikah dan Salinan Putusan.

Di awal pengajuan perkara, para pihak bisa menentukan untuk dibantu proses pengajuan perubahan data identitas ini atau tidak. Jika ya maka para pihak harus mengisi surat permohonan. Kemudian setelah putusan berkekuatan hukum tetap didapat selanjutnya diajukan melalui aplikasi Penda Ketapi yang selanjutnya diteruskan ke Pihak Kementerian Agama juga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk proses selanjutnya merubah data identitas diri. Apabila dalam pengajuan tersebut ada berkas yang ditolak atau pun telah disetujui oleh Kementerian Agama juga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dapat terlihat di menu Penda Ketapi. Hingga sampai terbitnya Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk terbaru.

 

Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat membantu para pihak dalam mengurus perubahan data pada Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk setelah bercerai sehingga masyarakat dapat tertib administrasi. Semoga aplikasi ini dapat berguna untuk masyarakat pencari keadilan khususnya di Kabupaten Pulang Pisau.

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NV/Timred”                                                                    

 

 

 

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media