header pta Baru

Mengenal Sosok Kartini Masa Kini di PA Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 519Posted in Pulang Pisau

Mengenal Sosok Kartini Masa Kini di PA Pulang Pisau

21 April 2021 telah berlalu namun Euphoria hari Kartini ke 142 masih membekas bagi para Perempuan-Perempuan Indonesia khususnya di Pengadilan Agama Pulang Pisau. Ibu Raden Ajeng Kartini yang meninggal saat usia muda yaitu 25 tahun, telah dikenang sebagai sosok pejuang kaum Perempuan untuk memperoleh kebebasan, persamaan hukum, dan pendidikan yang layak. Perjuangannya dalam “membebaskan” kaum perempuan Indonesia nyatanya tetap dikenang hingga kini. WR. Supratmat bahkan membuat lagu khusus untuk mengenang perempuan itu dan terus dilestarikan hingga sekarang. 

Di masa sekarang ini, ruh perjuangan RA Kartini dapat dimaknai bahwa sebutan Kartini masa kini dapat disematkan kepada para perempuan yang berjuang dibidangnya masing-masing. Di Pengadilan Agama Pulang Pisau terdapat sosok-sosok Perempuan yang gigih berjuang sesuai dengan perannya. Perempuan-Perempuan  tersebut adalah: 


 

  1. Ny Mimin Ria Astuti Erpan

Beliau merupakan istri dari Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau yaitu Bapak Erpan, S.H.,M.H. Bu Mimin sakarang ini menjabat sebagai Ketua Dharmayukti Cabang Pulang Pisau. Meskipun saat diselenggarakannya acara pertemuan rutin DYK cabang Pulang Pisau terkadang hanya beranggotakan sedikit orang, namun Ibu dari tiga anak ini masih tetap antusias dan bersemangat melaksanakan perannya sebagai Ketua. Perempuan yang berasal dari Bima Nusa Tenggara Barat ini sangat “down to earth” sehingga membuat orang-orang disekitarnya merasa nyaman dalam bergaul dan berinteraksi. Tetap semangat dalam keterbatasan yang ada adalah hal positif yang dapat dipetik dari sosok Ny Mimin Ria Astuti Erpan ini. 


  1. Nur Izzah, S.H.I.

     Beliau merupakan Wakil Ketua di Pengadilan Agama Pulang Pisau sejak 31 Agustus 2020. Sebagai seorang Hakim perempuan, beliau sangat cermat menjalankan tugasnya dengan memberikan putusan-putusan yang adil kepada para pencari keadilan.  Sebagai seorang mediator, beliau sangat bijak dalam menjembatani komunikasi efektif antar kedua belah pihak yang sedang dimediasi. Sebagai seorang Pimpinan, sebagai Wakil Ketua, Bu Nur Izzah sering berperan sebagai katalisator dalam menggerakkan orang-orang dibawahnya untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. 


  1. Nida Farhanah, S.Sy.

Sosok Perempuan yang satu ini adalah seorang Hakim perempuan di Pengadilan Agama Pulang Pisau yang lulus menjadi Hakim sejak tahun 2018 lalu. Diantara kesibukannya, sekarang ini beliau sedang menempuh Pendidikan Pascasarjana di IAIN Palangkaraya dan pada tahun 2021 terpilih menjadi agen perubahan di PA Pulang Pisau. 


  1. Hj. Norbaiti, S.H.I.

Beliau merupakan Panitera Muda Permohonan di Pengadilan Agama Pulang Pisau sejak November 2020. Perempuan yang sudah mengabdikan diri Pengadilan Agama sejak tahun 2009 ini juga mendapatkan amanah menjadi Bendahara biaya proses perkara. Sebagai penanggungjawab para pegawai Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Bu Hj. Norbaiti sering memberikan briefing kepada para petugas untuk dapat memberikan pelayanan maksimal kepada para pengunjung yang datang ke Pengadilan Agama Pulang Pisau. Tak pelak, sosok bersahaja ini sering menjadi tempat bertanya para petugas PTSP di Pengadilan Agama Pulang Pisau.


  1. Kartini, S.H.I.

Perempuan yang mahir berbahasa asing ini menjadi CPNS pada tahun 2013 dengan tempat tugas pertama di Pengadilan Agama Pangkalan Bun, kemudian menjadi Panitera Pengganti pada tahun 2018 di Pengadilan Agama Kuala Kapuas dan kini menjabat Panitera Muda Gugatan di Pengadilan Agama Pulang Pisau. Selama rentang waktu tersebut pernah diberi tanggung jawab sebagai Kasir dan juga Bendahara pengeluaran. Sekarang ini selain menjabat sebagai Panitera Muda Gugatan, juga diserahi tanggung jawab sebagai Kasir.


  1. Andini Ayu Pangestu, S.H.

Perempuan kelahiran Bogor dua puluh empat tahun yang lalu ini lulus tes CPNS Mahkamah Agung pada tahun 2020 dengan penempatan di Pengadilan Agama Pulang Pisau. Alumni Ilmu Hukum Universitas Sebelas Maret, Surakarta ini untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di Pulau Kalimantan pada Januari 2021 yang lalu. Harus tinggal jauh dari keluarga yang berada di Depok Jawa Barat. Sekarang ini menjadi Petugas Meja I di Pengadilan Agama Pulang Pisau. Andini adalah sosok yang cermat dan cekatan dalam mempelajari pekerjaan baru yang dibebankan kepadanya.


  1. Gusti Astuti Wulandari, S.H.

Istri dari Rahmat Fitriawan yang merupakan pegawai pada Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Kasongan ini telah mengabdikan dirinya di Pengadilan Agama Pulang Pisau sejak tahun 2020 hingga sekarang ini dengan menjadi Petugas Meja III pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Gusti, aktif menyumbangkan tulisan berupa berita pada website PA Pulang Pisau dan sering ditunjuk sebagai Master of Ceremony (MC) pada acara-acara yang diselenggarakan di PA Pulang Pisau. Sosok yang periang dan hangat adalah gambaran tepat pada dirinya. 


  1. Mirayanti, S.H.

Perempuan kelahiran Barabai yang berusia dua puluh tiga tahun, mulai bergabung menjadi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) pada Pengadilan Agama Pulang Pisau sejak tahun 2020. Sebelumnya diamanahi sebagai tugas pengarsipan surat-menyurat di Kesekretariatan. Namun sejak Januari 2021 ditunjuk sebagai Petugas Meja II pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PA Pulang Pisau. Mira adalah penduduk asli Kabupaten Pulang Pisau yang berdomisili tidak jauh dari kantor sekarang ini. Mira adalah sosok yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diamanahkan kepadanya. 

 

“C.A.T (Cepat, Aktual dan Terpercaya)”, Yewtree/TimRed”

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media