header pta Baru

Hakim PA Pulang Pisau Ikuti Sosialisasi e-Eksaminasi Tahap I Tahun 2021 Secara Virtual

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 475Posted in Pulang Pisau

Hakim PA Pulang Pisau Ikuti Sosialisasi e-Eksaminasi Tahap I Tahun 2021 Secara Virtual

Pulang Pisau - Selasa, 09 Maret 2021 pukul 13.00 s.d 15.00 WIB, Hakim PA Pulang Pisau mengikuti Sosialisasi e-Eksaminasi Tahap I Tahun 2021 secara virtual yang diselenggarakan oleh Ditjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia dan diikuti oleh sebanyak 160 (seratus enam puluh) peserta. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya agar peserta Eksaminasi dapat memahami teknis pelaksanaan eksaminasi putusan menggunakan aplikasi yang telah disediakan. 

Sebagaimana dijelaskan oleh Dr. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. yang berperan sebagai narasumber pada kegiatan ini menjelaskan, tujuan diadakannya eksaminasi yakni sebagai pemetaan kemampuan tenaga teknis Peradilan Agama, untuk melihat profesionalisme hakim, sebagai bahan penelitian, dan untuk meningkatkan kualitas putusan sebagaimana tercantum di Buku II mengenai adanya kewajiban setiap 3 (tiga) bulan untuk Ketua Pengadilan Agama melaksanakan eksaminasi terhadap putusan para hakimnya. Tidak hanya berupa penjelasan, namun dalam sosialisasi ini juga langsung dipraktikan mengenai tata cara melakukan upload putusan ke dalam aplikasi yang telah disediakan dan dibuka sesi tanya jawab bagi peserta yang ingin bertanya secara langsung kepada narasumber. Hal ini dilakukan agar para hakim terutama yang baru pertama kalinya menjadi peserta eksaminasi tidak menemui kendala dalam pelaksanaan upload putusan yang batas akhirnya hingga tanggal 26 Maret 2021. 

Kepada tim redaksi, Hakim PA Pulang Pisau mengatakan bahwa pelaksanaan eksaminasi sangat penting dilakukan terutama bagi dirinya yang masih dalam tahap belajar. Sosialisasi ini pun sangat bermanfaat, karena bagi peserta yang baru pertama kalinya menjadi peserta eksaminasi memang perlu melihat secara langsung tutorial pelaksanaan upload putusan di aplikasi. Hal ini agar tidak ada tahapan yang terlewatkan dan akan mempengaruhi penilaian oleh Tim Eksaminator nantinya, pungkasnya.

(Tim-red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media