header pta Baru

Untuk Cegah Penyebaran COVID 19 PA Pulang Pisau Laksanakan “Gerakan Berjemur Di Pagi Hari”

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 667Posted in Pulang Pisau

Untuk Cegah Penyebaran  COVID 19 PA Pulang Pisau Laksanakan “Gerakan Berjemur Di Pagi Hari”

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritaberjemur 1.jpg

Dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID 19) dan untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan virus maka PA Pulang Pisau laksanakan Intruksi Bupati berdasarkan Surat Edaran Nomor 451/11/KESRA/III/2020 Tentang Gerakan Berjemur di Pagi Hari Kabupaten Pulang Pisau. 

Selama masih mewabahnya Virus Corona maka kegiatan berjemur ini menjadi aktivitas baru bagi seluruh pegawai PA Pulang Pisau yang dilakukan setiap hari disela-sela waktu menjalankan tugas dan aktivitas. Dan berjemur biasanya dilakukan di pagi hari selama kurang lebih 15 menit, dilakukan di halaman kantor atau ruang terbuka. 

Sejak virus corona masuk di Indonesia, banyak sekali informasi-informasi yang bermunculan. Termasuk bagaimana cara mencegah penyebaran virus corona salah satunya yaitu dengan cara berjemur di bawah paparan sinar matahari.

Sebagaimana diketahui, matahari adalah sebuah bola berpijar raksasa yang tersusun dari gas hydrogen dan helium. Cahaya matahari berasal dari hasil reaksi fungsi hydrogen menjadi helium. Matahari adalah objek terbesar di tata surya. Diameternya mencapai 1,4 juta km atau sama dengan 109 kali diameter bumi. Matahari merupakan pusat tata surya dan sang surya merupakan bintang yang paling dekat dengan bumi. 

Keberadaan matahari sejatinya telah tersurat dalam Q.S. An-Naba’ ayat ke 13:

وَّجَعَلْنَا سِرَاجًاوَّهَّاجًا

 “Dan kami menjadikan pelita yang terang-benderang (matahari).” (QS. An-Naba’:13)

Selain itu dalam surah Q.S Asy-Syams ayat 1 Allah bersumpah demi matahari yang berbunyi:

وَٱلشَّمْسِ وَضُحَىٰهَا

 

Artinya : “Demi Matahari dan cahayanya di pagi hari”.

Mengenai sumpah Allah Swt pada ayat pertama dalam surat Asy-Syams ini tentu menimbulkan pertanyaan bagi kita mengapa Allah Swt sebagai Sang Pencipta bersumpah atas nama matahari yang merupakan makhluk yang diciptakannya? Ternyata makna dari sumpah Allah SWT dalam ayat tersebut memberi isyarat pada kita bahwa matahari adalah salah satu makhluk Allah SWT yang istimewa dengan banyaknya  manfaat padanya, terutama bagi kehidupan. Sehingga ketika kita berjemur dibawah sinar matahari, maka banyak sekali manfaat yang kita dapat diantaranya yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat kesehatan tulang, mengurangi depresi ringan, meningkatkan kualitas tidur dan menyembuhkan Penyakit Kulit

 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritaberjemur 2.jpg

Di samping itu, sinar ultraviolet pada cahaya matahari akan merangsang tubuh untuk menghasilkan vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, mentransmisi kerja otot dan saraf, serta meningkatkan daya tahan atau sistem imun tubuh dalam melawan infeksi.

Akan tetapi, berjemur di bawah sinar matahari saja tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Terlebih, paparan sinar matahari yang berlebihan pun akan menimbulkan dampak seperti kulit memerah/terbakar, sengatan panas (heat stroke), dehidrasi, gangguan pada mata seperti katarak, kanker mata, penuaan dini pada kulit, perubahan warna kulit, hingga
kanker kulit. Oleh karena itu, kita dianjurkan berjemur selama 15 menit saja setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Beberapa Tips berjemur yang aman untuk kesehatan yaitu:

1. Gunakan tabir surya dan kacamata saat berjemur

2. Perhatikan jadwal dan durasi ketika berjemur 

3. minum air putih yang cukup saat berjemur

4. Terapkan physical distancing

 

Ketika kita berjemur di bawah paparan sinar matahari maka itu dapat meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh kita untuk mencegah infeksi, termasuk Virus Corona, meskipun sinar matahari itu tidak dapat langsung membunuh Virus Corona. Dan berjemur juga bukan cara utama dalam mencegah penyebaran Virus Corona, Namun setidaknya berjemur ini sebagai salah satu bentuk ikhtiar kita agar terhindar dari Virus Corona.

Adapun cara utama untuk mencegah tertular Virus Corona adalah dengan cara tetap tinggal di dalam rumah kecuali memang ada hal yang memang mengharuskan untuk keluar rumah, menggunakan masker ketika keluar rumah, menjaga jarak sosial, harus rajin membersihkan lingkungan dengan disinfektan, dan juga jangan lupa mencuci tangan menggunakan sabun. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan terhindar dari wabah penyakit Virus Corona. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

 

(Mirayanti)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media