header pta Baru

Pengadilan Agama Pulang Pisau Mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2023

Written by PA Pulang Pisau on . Posted in Pulang Pisau

Written by PA Pulang Pisau on . Hits: 199Posted in Pulang Pisau

Pengadilan Agama Pulang Pisau Mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2023

171

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id 

Tanggal 02 Oktober 2023 adalah Hari Batik Nasional Tahun 2023,Keluarga Besar Pengadilan Agama Pulang Pisau Mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2023. Batik adalah ekspresi budaya yang memiliki makna simbolis dan nilai estetika yang tinggi bagi masyarakat Indonesia. Keunikan yang indah itu merupakan salah satu pembentuk karakter bangsa Indonesia yang membedakan kita dengan bangsa lain sehingga dapat menjadi identitas dan jati diri bangsa

“BATIK” resmi terdaftar sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan mewakili oleh UNESCO. Sebelumnya selain batik, UNESCO juga sudah mengakui keris dan wayang sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia. Pengakuan UNESCO ini yang kemudian mendasari pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Karena pada 2 Oktober itulah batik diakui secara internasional dalam sebuah sidang terbuka.

Seperti diketahui pengakuan UNESCO terhadap batik itu merupakan proses panjang yang melalui pengujian dan sidang tertutup. Sebelumnya, pada 11-14 Mei 2009 telah dilakukan sidang tertutup dalam penentuan di hadapan enam negara di Paris. Setelah diakui UNESCO, presiden Indonesia saat itu yaitu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuat Keputusan Presiden atau Keprres Hari Batik Nasional. Hari Batik Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009. 

Batik sendiri bisa dijadikan sebagai ciri khas kebudayaan daerah yang berbeda beda dengan berbagai macam bentuk, warna, dan rupa tema gambarnya. Begitu pula kain yang digunakan beraneka macam pula sesuai karakter masing-masing daerah dari Sabang sampai Merauke. Kabupaten Pulang Pisau yang termasuk wilayah provinsi Kalimantan Tengah juga mempunyai kain khas tersendiri yaitu benang bintik.

172

Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Wiryawan Arif, S.H.I., M.H. mewakili Kantor Pengadilan Agama Pulang Pisau mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional, semoga batik dan budaya Indonesia yang lainnya selalu lestari dan terjaga. “Meskipun zaman selalu berkembang namun budaya yang positif harus selalu kita pegang teguh dimanapun kita berada karena budaya merupakan identitas sebuah bangsa yang beradat dan beradab,” tutur beliau.

“C.A.T (Cepat, Aktual dan Terpercaya), NV/Timred”.

 
 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media