header pta Baru

Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Hadiri Puncak Peringatan Hari Anak Nasional Kabupaten Pulang Pisau

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Hits: 185Posted in Pulang Pisau

Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Hadiri Puncak Peringatan Hari Anak Nasional Kabupaten Pulang Pisau

harianak2022

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id

Pada hari Jumat 18 November 2022 pukul 08.00 WIB bertempat di Aula Bappedalitbang Pulang Pisau. Erpan, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau menghadiri Puncak Peringatan Hari Anak Nasional Kabupaten Pulang Pisau dengan tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju”. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Pulang Pisau dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Pulang Pisau Hj. Deni Widanarni, S.E., M.AB., serta unsur Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau.

Dalam laporan panitia kegiatan tersebut yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pulang Pisau dr. Bawa Budi Raharja, M.M. mengatakan: “Anak-anak Indonesia yang ada saat ini memegang peranan strategis ketika 100 Tahun Indonesia merdeka di tahun 2045. Oleh karena itu kita mengharapkan menjadi generasi emas yang cerdas, sehat, unggul, berkarakter dan dalam sukacita yang bersendikan kepada nilai-nilai moral yang kuat. Indonesia telah mengimplementasikan konvensi hak anak melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990 dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 melalui lima kluster yakni hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya dan perlindungan khusus,” tutur beliau.

“Peringatan hari anak nasional dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air. Melalui Peringatan Hari Anak Nasional diharapkan pemerintah dengan seluruh komponen bangsa dapat bersama-sama berpartisipasi secara aktif,”kata Bawa Budi Raharja.

Selanjutnya sambutan dari Bupati Pulang Pisau dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Pulang Pisau Hj. Deni Widanarni, S.E., M.AB mengatakan Hari Anak Nasional kita peringati tidak sekadar untuk mendatangkan kemeriahan, ada misi yang lebih mulia atas Peringatan Hari Anak Nasional ini. “Hal yang sangat penting juga adalah anak sangat berhak untuk bermain, bergaul, memanfaatkan waktu luang dan beristirahat di mana kita sebagai orang dewasa berkewajiban memberikan perlindungan pada anak terhadap diskriminasi, eksploitasi ekonomi maupun seksual, kekerasan, penganiayaan dan sebagainya,” ujar beliau.

“Semoga dengan Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2022 ini komitmen bagi peningkatan pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Pulang Pisau dapat terus ditingkatkan untuk menjadikan anak Indonesia sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia. Serta juga prestasi ini dapat kita tingkatkan kembali di tahun 2023 tentunya dengan dukungan dan partisipasi instansi/ lembaga/organisasi terkait pemenuhan hak anak dan perlindungan anak di Kabupaten Pulang Pisau,” ucap Deni Widanarni.

harianak2022 1

Kemudian acara selanjutnya pemberian piagam penghargaan atas peran serta mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) kepada Ketua Pengadilan Negeri Pulang Pisau terkait sistem peradilan pidana anak, Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau terkait pencegahan perkawinan usia anak, Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau terkait sistem peradilan pidana anak, Kepala Kepolisian Resort Pulang Pisau terkait pelayanan perlindungan perempuan dan anak, dan ketua gugus tugas KLA Pulang Pisau terkait perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Layak Anak.

Terakhir pembagian piala, piagam penghargaan dan bingkisan untuk lomba-lomba tingkat Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar Kabupaten Pulang Pisau yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pulang Pisau serta pembagian doorprize dan foto bersama.

“C.A.T (Cepat, Aktual dan Terpercaya), NV/Timred”

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media