header pta Baru

3 Pesan Amanat pagi ini, Peradilan Modern, Pelayanan dan Update SIPP

Written by PA Palangkaraya on . Posted in Palangka Raya

Written by PA Palangkaraya on . Hits: 178Posted in Palangka Raya

www.pa-palangkaraya.go.id | Senin, (26/06/2023)

Apel Senin sebagai media pendisiplinan kita semua, jangan sampai ada yang tidak ikut, kecuali sakit. Saya malah beberapa waktu yang lalu saat sakit diminta berminta berjemur setiap hari minimal 30 menit untuk Kesehatan, dan tidak perlu takut hitam. Demikian disampaikan sebagai pembuka amanat apel Senin (26/06/2023) oleh Ketua PA Palangka Raya, kemudian ada beberapa yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini sebagai berikut.

Yang Pertama, Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik. PERMA tersebut sebagai perwujudan penyelenggaran Peradilan Modern di Indonesia, proses dilakukan secara elektronik, proses manual sudah mulai dikesampingkan, seperti pemanggilan oleh Jurusita dilakukan melalui alamat elektorik (email) dan atau surat tercatat oleh PT Pos setempat sebagaimana MoU antara Mahkamah Agung RI dengan PT Pos Indonesia Pusat, dan persidangan dilakukan secara online/elektronik, sehingga dengan demikian tatap muka di Pengadilan atau dipersidangan sudah sedikit.

Yang Kedua, Kebersihan, layanan PTSP. Sebagai penyelenggara pelayanan kepada masyarakat, tentu banyak hal mesti diperhatikan diantaranya kebersihan ruangan/tempat menjadi area publik, sehingga kenyamanan dapat mereka rasakan disini, kemudian untuk memberikan peran optimal kepada masyarakat pencari keadilan, kita sudah membuat jadwal piket, sehingga layanan PTSP tetap selalu ada, istirahat dilakukan secara bergantian.

Yang Ketiga, beberapa waktu yang lewat telah dilakukan Update SIPP, karenanya segera disosialisasikan termasuk oleh bagian penyelenggaran Pos Bantuan Hukum agar kita dan mereka dapat mengetahui update perubahan tersebut, sehingga semua tahapan proses penyelenggaraan Pengadilan dapat berjalan dengan lancar.

Hal demikian disampaikan Drs. H. Alpian, S.H., M.H.I. Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya dalam amanat apel Senin, (26/06/2023) yang diikuti oleh Wakil Ketua, Hakim-hakim, Sekretaris, seluruh karyawan (ti), PPNPN dan Mahasiswa praktikum UPR dan UIN Banjarmasin.

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media