header pta Baru

SELAMAT KOTA PALANGKA RAYA RAIH ADIPURA

Written by PA Palangkaraya on . Posted in Palangka Raya

Written by PA Palangkaraya on . Hits: 177Posted in Palangka Raya

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyampaikan kata sambutan dalam acara Penghargaan Adipura di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (28/2/2023)

 

www.pa-palangkaraya.go.id | Rabu, (02/03/2023)

Hampir 25 tahun absen tak pernah lagi meraih penghargaan Piala Adipura sejak 1995 silam. Akhirnya untuk kali keduanya Kota Palangkaraya kembali meraih piala bergengsi tersebut.

Terbukti atas keberhasilan dalam hal kebersihan pengelolaan lingkungan di perkotaan. Walikota Palangka Raya Fairid Naparin secara langsung menerima piala tersebut di Jakarta.

Piala Adipura 2022 itu diserahkan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya kepada orang nomor satu di Kota Cantik Fairid Nafaindi Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023).

                          Walikota Palangka Raya Fairid Naparin menerima Piala Adipura Tahun 2022

Sebagai hasil dari upaya serius Pemerintah Kota (Pemko) terhadap pengelolaan kebersihan dan lingkungan hidup, Kota Palangka Raya berhasil meraih penghargaan anugerah Adipura Tahun 2022 untuk kategori Kota Sedang. Dalam kesempatan itu, Fairid menyampaikan bahwa penghargaan Adipura ini diperoleh tidak lepas dari peran Pemerintah serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan terutama dalam pengelolaan sampah.

“Yang pertama mungkin adalah pemahaman tentang bagaimana untuk mendapatkan Adipura. Selama ini sebenarnya upaya sudah bagus akan tetapi untuk mendapatkan adipura ini bukan hanya proses mengangkut sampah dari masyarakat di pinggir jalan kemudian dibawa ke TPA. Selama ini persepsinya seperti itu,” ucap Fairid.

Pihaknya terus-menerus belajar untuk memahami bagaimana sistem pengelolaan sampah tersebut.

“Ternyata penilaian terbesar itu ada di TPA, kemudian bagaimana sistem pengelolaan sampahnya, pemberdayaan masyarakat, serta pengurangan sampah timbulan,” terang Fairid.

Pemko Palangka Raya sambung Fairid sudah melakukan persiapan sejak pandemi Covid-19 lalu dalam upaya meraih Adipura ini.

“Pemko Palangka Raya terus membenahi sarana dan prasarana dalam pengelolaan sampah, mulai dari penghijauan area Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), penambahan alat berat dan penambahan kendaraan pengangkut sampah,” kata Fairid.

Meskipun belum maksimal, paling tidak sistem pengelolaan sampah di Kota Palangka Raya sedikit demi sedikit mengalami kemajuan dan dinilai tepat,” tambahnya.

Fairid berharap Piala Adipura ini dapat terus dipertahankan untuk tahun-tahun yang akan datang.

“Saya persembahkan piala Adipura ini untuk seluruh masyarakat dan Kota Cantik Palangka Raya, mari kita pertahankan Adipura ini, mudah-mudahan ke depannya Kota Palangka Raya dapat meraih Adipura Kencana,” tutupnya.

Adapun Kota Palangka Raya pada tahun ini merupakan satu-satunya kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan Adipura untuk wilayah Provinsi Kalimantan Tengah

“Berkenaan dengan anugerah Adipura ini, atas nama Pimpinan dan Keluarga Besar Pengadilan Agama Palangka Raya mengucapkan selamat, kami mengajak kepada Aparatur Pengadilan Agama Palangka Raya untuk terus meningkatkan kebersihan lingkungan baik dikantor maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing sebagai wujud upaya mempertahankan Adipura yang telah diterima.”ujar H. Alpian Ketua PA Palangka Raya.

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media