header pta Baru

059. Tahu Lah Pian...? Banyak Jalan Menuju PA Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 364Posted in Muara Teweh

Tahu Lah Pian...? 

Banyak Jalan Menuju PA Muara Teweh

Muara Teweh|pa-muarateweh.go.id

Untuk menuju PA Muara Teweh, banyak alternative perjalanan yang bisa dipilih. Baik itu melalui jalur darat, sungai dan udara. Para pihak maupun pengguna layanan peradilan PA Muara Teweh bisa menentukan pilihannya, menyesuaikan dengan pilihan waktu, domisili, efesiensi, dan bahkan kondisi fisik.

Dahulu, pada dekade tahun 1990-an untuk menuju ke kota Muara Teweh Kabupaten Barito Utara lebih populer menggunakan jalur sungai. Melintasi alur sungai Barito, yang panjangnya dari hulu ke hilir sejauh ± 1.090 Km, menggunakan jasa bis air dengan jarak tempuh sekitar 2 hari/malam perjalanan. Dan kini jalur air/sungai sudah mulai mati suri. Bahkan kini hanya tertinggal satu armada bis air yang masih setia melayani rute ini. KM. Pancar Mas, trip Banjarmasin-Muara Teweh PP. Untuk jalur ini admin belum pernah mencoba.

Untuk jalur darat, ada alternative pilihan jalan. Yaitu rute jalan Palangkaraya-Buntok-Ampah-Muara Teweh, dengan jarak tempuh sekitar 7 jam 7 menit (311,7 km). Jalur Palangkaraya-Lemo-Muara Teweh dengan jarak tempuh sekitar 5 jam perjalanan. Namun jalur ini (via Lemo) masih pengerasan dan harus menggunakan ferry penyeberangan. Dan jalur darat Muara Teweh-Banjarmasin sekitar 9 jam 40 menit (396,3Km) melintasi Kota Tamiyang Layang dan beberapa kota di Hulu Sungai Kalimantan Selatan. Jalur ini direkomendasikan disamping banyak alternative moda tranportasinya, juga banyak pilihan lanjutan untuk keberangkatan kemanapun.

Menuju PA Muara Teweh melalui jalur darat, ada jalur yang cukup extrem, yaitu jalur jet cooster yang bisa memicu adrenalin driver maupun para penumpangnya. Jalan ini melintasi perbukitan, hutan, tanjakan, turunan dan ratusan tikungan tajam menukik pendek, meliuk-liuk dan curam lainnya. Di Indonesia mungkin banyak jalur yang serupa, cuma jalur ini jaraknya sekitar 120 Km. Setelah Kecamatan Ampah hingga menuju kota Muara Teweh. Sebuah kota cantik didalam hutan. (Beautiful city in the forest).

Sebagai kota/kabupaten yang terletak jauh dipedalaman provinsi Kalimantan Tengah, sejak dahulu pula jalur udara sudah tersedia dengan penerbangan terbatas. Namun kini jadwal penerbangan sudah ramai hampir setiap hari. Yaitu rute Muara Teweh-Palangkaraya PP dengan pesawat Susi air dengan kapasitas 12 orang. Lama penerbangan ± 20 menit. Dan rute Muara Teweh-Banjarmasin PP dengan pesawat Wing Air (Lion Group) kapasitas 80 orang, lama penerbangan sekitar 45 menit, dengan jadwal penerbangan setiap hari senin, rabu dan jumat.

Wonderful Indonesia. Salam sehat dari PA Mutew BUNGAS. (mes)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media