header pta Baru

029. Tahu Lah Pian? Alumni PA Muara Teweh Yang Kini Jadi Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 410Posted in Muara Teweh

Tahu Lah Pian?

Alumni PA Muara Teweh Yang Kini Jadi Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding

 

Muara Teweh|pa-muarateweh.go.id

Sosok pimpinan yang satu ini dikenal ramah, supel dan mengayomi. Siapapun yang kenal dengannya pasti merasakan kedekatan dengannya. Adalah Dr. H. Bahruddin Muhammad, SH., MH. yang merupakan alumni atau pernah mengabdikan dirinya di Pengadilan Agama Muara Teweh. Pria Asli Banua kelahiran Alabio- Amunta Kabupaten Hulu Sungai Utara 2 Mei 1957 adalah pimpinan kedua selama berdirinya PA Muara Teweh pada dekade 1986 s/d 1991, menggantikan ketua sebelumnya KH. Asmuni Basri atau yang dikenal dengan sebutan Kai PA.

Setelah mutasi dari PA Muara Teweh, kariernya terus melejit, dipercaya menjadi ketua PA Pangkalanbun dan kemudian menjadi hakim tinggi Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Palangkaraya Kalteng.

 

Pada tahun 2003, diangkat menjadi pimpinan Pengadilan tingkat banding sebagai wakil ketua PTA Manado Sulawesi Utara. Tahun 2008 kembali mengabdi sebagai wakil ketua PTA Palangkaraya Kalimantan Tengah.

Pada tahun 2011, Pa Bahruddin sapaan karibnya, kembali diamanahi sebagai ketua PTA Ternate Maluku Utara. Roda mutasi bergerak, kembali pada tahun 2015 dipercaya menjadi KPTA Mataram Nusa Tenggara Barat hingga tahun 2017.

 

Pada tahun 2017 oleh pimpinan Mahkamah Agung kembali Pa Bahruddin, bergeser masuk pulau Jawa tepatnya sebagai ketua PTA Semarang Jawa Tengah. Dan kini alumni Fakultas Syariah IAIN/UIN Antasari Banjarmasin dan jebolan Doktor Unibraw Malang ini dipercaya sebagai ketua PTA Bandung Jawa Barat sejak tahun 2020 silam yang membawahi 27 Kabupaten/kota atau satuan kerja Pengadilan Agama. Tidak salah kiranya kalau kini pa Bahruddin dinobatkan sebagai spesialis KPTA. (awn)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media