header pta Baru

302. Hasil Survei Persepsi Anti Korupsi

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 332Posted in Muara Teweh

Hasil Survei Persepsi Anti Korupsi;

99% Masyarakat Nyatakan PA Muara Teweh Bersih Dari Korupsi

Muara Teweh|pa-muarateweh.go.id

Di penghujung akhir tahun 2021, Pengadilan Agama Muara Teweh kembali laksanakan survei persepsi anti korupsi periode 2 tahun 2021. Sesuai yang dijadwalkan, survei terhadap persepsi para pengguna layanan untuk semester kedua ini dilaksanakan pada bulan November dan Desember. Dari hasil survei terhadap 162 responden, 99% masyarakat pencari keadilan menyatakan PA Muara Teweh bersih dari perilaku korupsi. Indeks Persepsi Anti Korupsi mencapai angka 98,86 atau 3,95 dalam skala 4, dengan predikat sangat baik (A).

Pelaksanaan survei dan pengolahan data-data dilakukan berdasarkan standar yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017.

Adapun penilaian persepsi meliputi 5 ruang lingkup, di antaranya: tidak ada diskriminasi pelayanan, tidak ada pelayanan di luar prosedur (kecurangan pelayanan), tidak ada penerimaan imbalan uang/barang/fasilitas di luar ketentuan yang berlaku, tidak ada pungutan liar (pungli) dan tidak ada percaloan (perantara tidak resmi).

Dalam pelaksanaannya, Tim Survei PA Muara Teweh menggunakan 2 metode, yaitu survei secara langsung dan melalui media online. Survei secara langsung dilaksanakan oleh Tim survei dengan mewancarai satu persatu para pengunjung menggunakan lembar kuesioner survei. Sementara itu, metode yang kedua adalah menggunakan survei berbasis website dengan cara mengirimkan link survei kepada masing-masing kontak para pengguna layanan.

Sebagai informasi bahwa data hasil survei menunjukkan terdapat beberapa karakteristik dominan pengguna layanan berdasarkan 162 responden yang telah disurvei. Dari segi jenis layanan, sebagian besar para pengunjung menggunakan layanan informasi yaitu mencapai 91 orang atau 56%. Sedangkan dari segi umur, banyak para pengunjung yang berusia 15 sampai dengan 25 tahun dengan persentasi mencapai 24 %. Sementara itu, dalam hal pendidikan, tingkat SLTA mendominasi dengan 35% dari jumlah responden.

Adapun pekerjaan para pengunjung sebagian besar adalah lain-lain yang mencapai 42%. Artinya kebanyakan para pengunjung memiliki pekerjaan dalam banyak jenis selain yang ada pada pilihan kuesioner survei.(akm)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media