header pta Baru

SILAHTURRAHMI PERDANA KPA MUARA TEWEH BARU, KE BUPATI MURUNG RAYA

Written by Saiful Imran on . Posted in Muara Teweh

Written by Saiful Imran on . Hits: 725Posted in Muara Teweh

SILAHTURRAHMI PERDANA KPA MUARA TEWEH BARU, KE BUPATI MURUNG RAYA

Plh Panitera PA Muara Teweh : Saya optimis PA Puruk Cahu Akan Segera Berdiri

 

 Murung_raya (2).jpeg

Puruk Cahu, (09/07/2020). Untuk mengawal berdirinya Pengadilan Agama Puruk Cahu, tim dari PA Muara Teweh sebagai PA induk melaksanakan audensi dengan Bupati Kabupaten Murung Raya, Drs. Perdi M. Yoseph MA., beserta jajarannya, bertempat dirumah jabatan Bupati setempat.

Dalam rangkaian silahturrahmi ini Abdullah, S.HI., MH., didampingi Plt. Wakil Ketua Wiryawan Arif, S.HI., MH., Sekretaris Murtodi, S.Kom., SH dan Plh. Panitera Kemijan, S.Ag. Silahturrahmi ini juga sebagai bentuk amanat dari Pimpinan tingkat banding dimana ketua Pengadilan Agama Muara Teweh diperintah untuk mengkomunikasikan kembali pembentukan Pengadilan Agama Puruk Cahu yang sebelumnya sudah dilakukan, sehingga hal ini sebagai tindak lanjut setelah keluarnya rekomendasi dari Bupati dan DPRD perihal persetujuan berdirinya Pengadilan Agama Puruk Cahu.

Kedatangan KPA Muara Teweh bersama rombongan yang langsung di dampingi Wakil Ketua DPRD Rahmanto Muhidin, S.HI., MH., disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Murung Raya Drs. Perdie M. Yoseph., MA beserta jajarannya yakni Asisten Ahli dan Bapak Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Murung Raya.

Murung_raya (1).jpeg

Dalam pertemuan tersebut Abdullah menyampaikan maksud kedatangannya yaitu untuk mengawal segera berdirinya PA Puruk Cahu yang berkedudukan di Kabupaten Murung Raya. “Pertama kami sampaikan terima kasih atas kesediaan Pemkab Murung Raya yang menerima Tim ini, dan untuk mengawali pendirian PA Puruk Cahu tentu harus ada persiapan untuk operasionalnya. Seperti tersedianya lahan atau tanah dan gedung sementara. Oleh karenanya kami berharap agar Pemkab dan PA dapat bersinergi dalam realisasinya. Dan sekarang usulan PA baru sudah di Mahkamah Agung” jelasnya.

Dari 14 kabupaten/kota di Kalimantan Tengah, tinggal Kabupaten Murung Raya yang masih belum ada PA, padahal keberadaan PA ditengah masyarakat sangat diharapkan khususnya dalam pelayanan masyarakat dibidang hukum. “Hanya tinggal Kabupaten Murung Raya yang masih belum ada PA nya, sehingga masyarakat sangat kesulitan dalam mengakses PA yang berada jauh di Muara Teweh, padahal untuk perjalanan daratnya menempuh waktu 3 jam dengan geografis yang cukup sulit” tambahnya.

Dalam sambutannya menyambut hangat kedatangan KPA Muara Teweh beserta Rombongan di Kediaman dengan suasana kebersamaan dan canda serta diselingi dengan diskusi tentang peranan dan keberadaan Pengadilan Agama khususnya Pengadilan Agama Puruk Cahu. Perdie sangat antusias dan menyambut positif berdirinya Pengadilan Agama di Kabupatennya dimana ini sebagai salah satu bentuk perhatian dan pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat murung raya. “PA Puruk Cahu harus segera berdiri, Pemkab sangat mendukung dan akan menyiapkan lahan dan gedung sementara dalam waktu segera. Bahkan jika seandainya ada lahan saya pribadi tersedia sesuai protetif MA, maka akan saya sumbangkan” tegasnya bersemangat. Dalam pertemuan tersebut Bupati muda yang enerjig ini dalam diskusinya tentang eksistensi PA ditengah masyarakat, kewenangan PA dalam hukum perdata dan saran serta masukan untuk lembaga PA.

Setelah mendengar begitu antusiasnya sambutan Bupati Kabupaten Murung Raya, Plh. Panitera PA Muara Teweh, Kemijan, S. Ag. Menyatakan optimismenya akan segera berdiri PA Puruk Cahu. “ Saya optimis PA Puruk Cahu akan segera berdiri dan siap mengawal realisasi pendiriannya”tutupnya. (mur)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media