header pta Baru

265. PA Muara Teweh Menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 80Posted in Muara Teweh

PA Muara Teweh Menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Muara Teweh|pa-muarateweh.go.id

Muara Teweh, 01 Juni 2023 - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Pengadilan Agama Muara Teweh menggelar upacara yang dihadiri oleh Aparatur Pengadilan Agama Muara Teweh. Acara tersebut dimulai pukul 07.00 WIB tepat di halaman Kantor Pengadilan Agama Muara Teweh, tujuan upacara ini diadakan dengan untuk menghormati dan mengingat kembali nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia.

Pada kesempatan ini, Abdurahman Sidik, S.H.I. selaku pembina upacara memberikan sambutan yang mengingatkan pentingnya Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Ia juga menyampaikan kepada peserta upacara agar mendoakan dan mengingat kembali jasa-jasa para pendahulu yang telah menjaga dan mempertahankan nilai-nilai Pancasila.

Tema peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 kali ini juga sangat relavan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap bangsa Indonesia yakni " Gotong Royong Membangun Peradapan dan Pertumbuhan Global ". Tema ini mengingatkan kita semua tentang betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa. Sejarah telah mencatat dan membuktikan bahwa seluruh permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dapat kita hadapi dan selesaikan jika segenap komponen bangsa saling bergotong-royong dan bersatu padu.

Dalam amanatnya beliau juga menyampaikan beberapa penekanan yang harus dipedomi dan dilaksanakan yaitu :

Pertama, Aparatur Sipil Negara adalah garda depan dan benteng NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Indonesia 1945. Pegang teguh sumpah dan janji saudara sekalian untuk selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jangan sampai terpengaruh apalagi berperan aktif dalam upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Kedua, Jadilah perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lingkungan masing-masing. Tonjolkanlah persamaan dan kesampingkan perbedaan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kedinasan maupun kehidupan bermasyarakat.

Ketiga, Jagalah selalu sinergitas antar ASN Lembaga Peradilan dibawah lingkungan Mahkamah Agung dan ASN dari Kementrian atau Lembaga Negara lainnya. Sadarilah bahwa kita adalah bagian dari Sistem yang saling membutuhkan, sehingga diperlukan semangat untuk bekerjasama, bersinergi, dan bergotong royong dalam upaya memajukan bangsa.

Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Dengan berakhirnya upacara yang penuh khidmat, semangat Pancasila semakin menggelora di Pengadilan Agama Muara Teweh. (A/B.)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media