header pta Baru

255. PA. Muara Teweh Menghadiri Acara Pemancangan Lanjutan Tiang Jembatan Sikan - Tumpung Laung Kecamatan Montallat.

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 116Posted in Muara Teweh

PA. Muara Teweh Menghadiri Acara Pemancangan Lanjutan Tiang Jembatan Sikan - Tumpung Laung Kecamatan Montallat.

Muara Teweh|pa-muarateweh.go.id

Kamis, 25 Mei 2023, utusan Pengadilan Agama Teweh " Saini " beserta Bupati Barito Utara H. Nadalsyah dan rombongan unsur FKPD kembali melaksanakan pemancangan lanjutan tiang jembatan Sikan – Tumpung Laung Kecamatan Montallat.

“Ini adalah pemancangan tiang lanjutan, dan ini bagian dari redesain jembatan Sikan – Tumpung Laung. Kenapa ada proses redesain jembatan ini, karena kemarin pernah juga ada pemancangan tiang, hanya lebar 100 meter yang sering terjadi insiden ditabrak tongkang batu bara,” kata Bupati H. Nadalsyah usai pemancangan tiang lanjutan pembangunan jembatan Sikan – Tumpung Laung.

Namun setelah dikaji, arus air di sini tidak merata, sehingga dari desain sebelumnya 100 meter menjadi 240 meter. Jembatan ini juga nantinya tidak ada lagi tiang tengah dan mungkin jembatan ini merupakan jembatan terlebar di DAS Barito Utara.

Jembatan ini dibangun oleh Pemkab Barito Utara,. Karena kata Bupati, jembatan ini dibangun hanya semata-mata untuk keperluan masyarakat Kabupaten Barito Utara khususnya masyarakat Tumpung Laung di Kecamatan Montallat.

Tujuan jembatan ini dibangun untuk memperpendek jarak tempuh masyarakat dari kecamatan Montallat menuju Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah. Pada tahun 2017 kita sudah membuka jalan tembus ini, dan sekarang sudah bisa dilalui oleh masyarakat,. Dengan jarak tempuh sekitar 3,5 jam.

Bupati Barito Utara juga mengatakan jembatan ini seharusnya sudah selesai dibangun dan diresmikan oleh saya dan pak Wabup sebelum masa jabatan kami berdua berakhir, akan tetapi dikarenakan adanya janji dari Pemprov Kalteng untuk membantu pembangunan jembatan ini sehingga dibatalkan karena terpaut masalah dana.

“Dan Alhamdulillah, pada tahun 2023 ini, atas doa warga masyarakat di kabupaten Barito Utara ini, anggaran Pemkab Barito Utara naik secara signifikan. Sehingga kita bisa menganggarkan kembali untuk pembangunan lanjutan jembatan Sikan–Tumpung Laung ini,” imbuhnya.

Koyem juga mengatakan, walaupun kami berdua pak Wakil Bupati sudah tidak menjabat lagi sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah, kami mohon kepada ibu Ketua DPRD dan seluruh anggota DPRD Barito Utara untuk melanjutkan dan menyetujui anggaran yang dimohon oleh Pj maupun pejabat definitif setelah kami nanti.

“Sehingga pada tahun 2024 dan 2025 akhir jembatan Sikan Tumpung Laung ini betul-betul fungsional dan dapat digunakan masyarakat luas. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada unsur pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Barito Utara yang telah menyetujui usulan Pemkab Barito Utara terkait dengan penganggaran terkhusus untuk infrastruktur. (A/B.)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media