header pta Baru

179. Kultum Ramadhan hari ke 12 “Islam Agama Yang Sempurna”

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 485Posted in Muara Teweh

Kultum Ramadhan hari ke 12 “Islam Agama Yang Sempurna

Muara Teweh | pa-muarateweh.go.id

Kultum hari ke 12 Ramadhan yang disampaikan oleh Ketua PA Muara Teweh Bapak Mulyadi, Lc. M.H.I di Musholla Al Mizan PA Muara Teweh.

Islam adalah agama yang sempurna karena seluruh ajaran Islam merasuki seluruh sendi kehidupan manusia. Alqur’an dan Hadits sebagai landasan hukum dan pedoman hidup kita telah mengatur hidup kita dari kita bangun tidur sampai tidur lagi. Bahkan agama Islam telah menjadi tonggak dasar ilmu pengetahun sekarang ini dan banyak hal yang terbukti tentang kebenaran yang berkaitan dengannya.

Allah berfirman dalam surah Al-Maidah ayat 3 yang berbunyi al-yawma akmaltu lakum dinakum. Pada hari ini aku sempurnakan untukmu agamamu

1. Ilmu Kesehatan Masyarakat

    a. Menjauhkan diri dari berinteraksi dengan penderita penyakit lepra (H.R. Bukhari)

       “Jauhkanlah dirimu sejauh satu atau dua tombak dari orang berpenyakit lepra”

    b. Binatang yang harus dibunuh karena menularkan penyakit

“5 binatang yang jelek dan merusak boleh dibunuh di luar tanah haram maupun di tanah haram yaitu ular, gagak, tikus, srigala dan rajawali”

    c. Menutup bejana/wadah

Tutuplah bejana, ikatlah kantung air, kuncilah pintu, dan padamkanlah lampu. Sesungguhnya setan tidak bisa membuka kantung air, tidak bisa membuka pintu, dan tidak pula bisa membuka bejana. Jika salah seorang dari kalian tidak mendapatkan (penutup) kecuali hanya dengan membentangkan sebatang ranting pohon kemudian ia menyebut nama Allah, hendaklah ia lakukan itu”. Dan dalam sebuah riwayat: “Tutuplah bejana, ikatlah kantung air. Sesungguhnya dalam satu tahun terdapat satu malam yang turun pada malam itu wabah penyakit. Tidaklah wabah itu melewati bejana yang tidak ditutup atau wadah air yang tidak diikat, melainkan wabah itu akan turun padanya”

  d. Tidak makan berlebihan

Hal ini sebagaimana firman-Nya dalam surat Al Araf ayat 31. “Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

   e. Keutamaan ASI

“Para ibu hendaklah menyusukan anaknya dua tahun penuh” (Al-Baqarah 223)

Sistem imun bayi akan kian meningkat jika lebih lama mendapat ASI hingga usia 2 tahun atau lebih. Kandungan nutrisi dalam ASI membantu perkembangan otak bayi.

    f. Membunuh cicak

“Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan untuk membunuh cicak. Beliau bersabda, “Dahulu cicak ikut membantu meniup api (untuk membakar) Ibrahim 'alaihissalam.” (HR. Bukhari)

Cicak membawa bakteri salmonella di usus, mulut dan kotorannya yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Selain itu air liur cicak mengandung bakteri e-coli penyebab diare

    g. Wabah penyakit

Artinya: "Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu." (HR Bukhari)

2. Ilmu Fisika

    a. Relativitas Waktu

".... Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun dari tahun-tahun yang kamu hitung.” (QS: Al-Hajj:47).

Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun.” (QS:70:3-4).

   b. Teori bigbang

Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulunya menyatu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya; dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman?” ( Q.S Al-Anbiya’ [21]: Ayat 30 )

3. Ilmu Kesehatan Mental

4. Ilmu Olah raga

 Jalan kaki, berkuda, memanah, berenang 

5. Ilmu Kependudukan

6. Ilmu Komputer

7. Ilmu sejarah dan lain-lain

(m2n)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media