header pta Baru

397. Excellent Service PA Muara Teweh : Sidang di Penghujung Petang

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 255Posted in Muara Teweh

Excellent Service PA Muara Teweh : Sidang di Penghujung Petang

Muara Teweh | Pa-muarateweh.go.id

Rabu tanggal 03 Agustus 2022 sidang di Pengadilan Agama Muara Teweh masih tetap berjalan walaupun jam sudah menunjukan pukul 17.55 WIB hal tersebut berkenaan dengan agenda sidang pada hari ini yang berjumlah 16 perkara. Perkara yang didominasi oleh Cerai Gugat, Cerai Talak, Itsbat Nikah dan Gugat Waris. ini merupakan salah satu langkah konkrit dalam pelayanan terhadap pencari keadilan. Excellent service atau disebut juga Pelayanan Prima adalah melakukan pelayanan sebaik mungkin sehingga menjadi merasa puas.

Dominasi perkara perceraian dibanding perkara-perkara lain sangat unik dan spesial. Dari sisi akibat hukum maupun pendekatan penyelesaiannya juga berbeda dari kebanyakan jenis perkara hukum. Tentu saja, ini dikarenakan putusnya ikatan perkawinan mengubah status hukum para pihak yang berakibat pula pada berubahnya pola hubungan dibanding sebelum jatuhnya putusan pengadilan. Dari sisi pendekatan juga menuntut keterampilan, kepekaan dan kebijaksanaan Majelis Hakim. Oleh karena perkara perceraian selain melibatkan sengketa hati antara suami isteri, dimensi-dimensi lain juga menuntut perhatian dan perlakuan khusus. Sehingga tidak sepenuhnya salah jika seorang hakim agama idealnya juga seorang psikiater sekaligus da’i agar dapat melihat persoalan hukum yang diajukan dengan sudut pandang yang luas.

Suatu pemandangan yang sangat kondusif, di mana hakim-hakim anggota silih berganti memanfaatkan kesempatan menyampaikan pesan-pesan moral kepada para pihak. Bagi hakim-hakim agama, hal ini telah menjadi semacam good habit, sepanjang pemeriksaan perkara masih dalam tahap penasehatan dan upaya perdamaian.(wwn)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media