header pta Baru

PA Kuala Pembuang Ucapkan Dirgahayu HUT IKAHI Ke-69 Tahun 2022

Written by PA Kuala Pembuang on . Posted in Kuala Pembuang

Written by PA Kuala Pembuang on . Hits: 366Posted in Kuala Pembuang

PA Kuala Pembuang Ucapkan Dirgahayu HUT IKAHI Ke-69 Tahun 2022


HUT IKAHI 2 2

Kuala Pembuang | pa-kualapembuang.go.id

Seruyan - Senin, 21 Maret 2022. Dalam rangka memeriahkan dan menyambut Hari Ulang Tahun Ikatan Hakim Indonesia (HUT IKAHI) ke-69 yang tepatnya jatuh pada tanggal 20 Maret 2022, Pimpinan dan Hakim Kuala Pembuang membuat ucapan selamat HUT IKAHI ke-69 melalui website dan media sosial dengan mengusung tema "Sinergitas IKAHI Mendukung Akselerasi Terwujudnya Peradilan Modern".

IKAHI adalah merupakan organisasi profesi Hakim dari 4 (empat) lingkungan peradilan, yaitu lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Tata Usaha Negara (TUN) dan Peradilan Militer. Awal mula terbentuknya IKAHI merupakan inisiatif dari Sutadji, S.H. dan Soebijono, S.H., masing-masing adalah Ketua dan Hakim pada Pengadilan Negeri Malang, dimana pada tahun 1951 telah berhasil membentuk suatu ikatan Hakim yang berkedudukan di Surabaya. Selain itu di Jawa Tengah juga telah berhasil dibentuk wadah serupa yang berkedudukan di Semarang.

Organisasi profesi Hakim lahir sebagai reaksi dari pihak tertentu yang menghendaki Hakim ditempatkan dalam kedudukan yang tidak sesuai dengan UUD 1945. Selanjutnya atas dasar semangat kebersamaan, pada bulan September 1952, para Hakim di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur mengadakan rapat di Surabaya yang menghasilkan keputusan untuk membentuk organisasi para hakim yang bersifat nasional serta memberikan mandat kepada Soerjadi, S.H. untuk membentuk Pengurus Besar Ikatan Hakim serta merencanakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Ikatan Hakim. Setelah konsep AD/ART berhasil disusun, selanjutnya konsep ini dikirimkan kepada para Hakim untuk dimintai pendapatnya. Ternyata sampai dengan tanggal 20 Maret 1953, tenggat waktu dimana proses penyampaian pendapat tersebut berakhir, tidak ada usul dan saran perubahan yang diterima, sehingga kemudian konsep ini disahkan sebagai AD/ART Ikatan Hakim dan selanjutnya ditetapkan tanggal 20 Maret 1953 sebagai tonggak sejarah lahirnya organisasi bagi para Hakim yang bersifat nasional yang bernama Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI).

Sebagai refleksi, sepanjang dua masa bhakti kepengurusan PP IKAHI terakhir telah ada upaya nyata bagi anggota melalui beberapa program diantaranya perbaikan pengelolaan KTA, upaya untuk memperoleh fasilitas diskon bagi para hakim saat menggunakan jasa penerbangan (Citilink), kehadiran IKAHI dalam tiap peristiwa duka, baik itu pada saat meninggalnya seorang hakim maupun pada peristiwa bencana, IKAHI juga hadir membantu para hakim yang sakit atau isoman karena terpapar Covid19, IKAHI juga berupaya memberikan tambahan pengetahuan pada anggota dengan kegiatan seminar nasional bahkan internasional bertopik isue yang update, IKAHI juga memfasilitasi bakat-bakat potensial para anggota dalam berkarya tulis maupun berkarya seni yang berkaitan dengan tupoksi melalui lomba secara rutin.

Dirgahayu IKAHI Ke-69, Jayalah Hakim Indonesia. (Redaksi/EAN)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media