header pta Baru

Pimpinan Pengadilan Agama Kuala Kurun Mengikuti Peluncuran Aplikasi E-Bima

Written by PA Kuala Kurun on . Posted in Kuala Kurun

Written by PA Kuala Kurun on . Hits: 314Posted in Kuala Kurun

Pimpinan Pengadilan Agama Kuala Kurun Mengikuti Peluncuran Aplikasi E-Bima

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Senin, 11 Oktober 2021, Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun (Adriansyah, S.H.I.), Panitera (H. Ismail Pahmi, S.H.), Sekretaris (Ahmad Darwis, S.H.I.), dan Kasubbag PTIP (Salasiah, A.Md.) mengikuti acara Peluncuran Aplikasi E-BIMA V.1.0 (Electronic Budgeting Implementation Monitoring and Accountability) secara daring. Acara tersebut digelar di Hotel Holiday Inn, Jakarta pada hari Senin, 11 Oktober 2021. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh Pimpinan MA, Sekretaris MA, Pejabat Eselon, para Hakim Agung, dan para Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding maupun Pengadilan Tingkat Pertama di seluruh Indonesia secara luring dan daring.

Dalam acara tersebut, Ketua MA RI, Prof. Dr. H. M. Syariffudin, S.H., M.H., meluncurkan aplikasi E-BIMA secara resmi. Aplikasi E-BIMA merupakan sistem yang dibangun sebagai sarana bantu dalam mengawasi pengelolaan keuangan negara, keuangan perkara, dan uang titipan pihak ketiga, sehingga dapat memudahkan para pimpinan satuan kerja melakukan pengawasan dan monitoring secara akurat dan real time.

Aplikasi E-BIMA ini dimaksudkan untuk membantu mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel, serta memiliki tiga fungsi. Pertama, mitigasi pelaporan keuangan untuk mengurangi risiko-risiko dalam pelaporan keuangan yang tidak sesuai dengan standar pelaporan. Kedua, menjadi dasar bagi pimpinan satuan kerja dalam mengambil keputusan terkait dengan pengelolaan dan perubahan Pagu Anggaran. Ketiga, sebagai dasar bagi pimpinan dalam menerapkan penilaian kinerja pengelolaan anggaran berbasis reward and punishment.

Ketua MA berharap aplikasi ini sebagai pemicu dan akselerasi semangat dalam tata kelola keuangan negara secara transparan.

Bravo PA Kuala Kurun!” (WK - TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media