header pta Baru

Ramadlan 1442 H Bulan yang Penuh Dengan Kedermawanan

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Kuala Kurun

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 3803Posted in Kuala Kurun

Ramadlan 1442 H Bulan yang Penuh Dengan Kedermawanan

D:\PA Kuala Kurun\CATATAN\manfaat-berdekah.jpg

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Bulan Ramadan adalah moment dimana Nabi Muhammad SAW memberi keteladan terbaik dengan banyak bersedekah dan menjadi orang yang paling dermawan. Salah satu makna bulan ramadan bagi umat Islam adalah untuk banyak bersedekah dan memberi kepada orang yang tidak mampu serta mengurangi beban fakir dan miskin. Apalagi di tengah situasi pandemic covid-19 seperti sekarang ini. Umat islam telah dianjurkan untuk bersedekah, serta di akhir puasa yaitu sebelum hari raya Idul Fitri diwajibkan untuk menunaikan zakat fitrah bagi orang yang mampu.

Bersedekah bertujuan untuk meraih berkah dalam kehidupan dunia dan akhirat. Cara bersedekah tentu banyak dan pilihlah sedekah yang terbaik. Sedekahkan sesuatu yang memang kita sukai, misalnya saja kita ingin memberikan pakaian ke panti asuhan, pilihlah baju yang pantas dan masih bagus untuk diberikan.

Allah berfirman dalam surah QS. Ali Imron ayat 92 yang artinya :  "Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan (sebagian harta) yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (QS. Ali Imron: 92)

Allah juga berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 267 yang artinya : "Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji." (QS. Al-Baqarah: 267).

Hadits sedekah yang paling utama diriwayatkan Abu Hurairah r.a bahwa bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Setiap ruas tulang manusia harus disedekahi setiap hari di saat terbitnya matahari: berbuat adil terhadap dua orang (mendamaikan) adalah sedekah; menolong seseorang naik kendaraannya, membimbingnya, dan mengangkat barang bawaannya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah; Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan sholat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah." (HR. Bukhari dan Muslim).

Para Sahabat kemudian bertanya lagi, "Dan jika hal itu tidak juga dapat dilaksanakan?" Rasulullah Saw bersabda, "Hendaklah ia melakukan kebaikan dan menahan diri dari kejahatan, karena hal itu merupakan sedekahnya." (HR. Ahmad bin Hambal).

“Bravo PA Kuala Kurun!” (MI - TI)”

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media