header pta Baru

Operator Aplikasi SAIBA dan SIMAK BMN Ikuti Zoom Meeting Dalam Rangka Asistensi Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Mahkamah Agung Tahun 2020

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Kuala Kurun

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 511Posted in Kuala Kurun

Operator Aplikasi SAIBA dan SIMAK BMN Ikuti Zoom Meeting Dalam Rangka Asistensi Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Mahkamah Agung Tahun 2020

         

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Kuala Kurun – Memasuki laporan triwulan III, Biro Keuangan dan Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung Republik Indonesia melakukan asistensi laporan keuangan dan aset negara melalui aplikasi elektronik rekon sehingga memerlukan operator SAIBA dan SIMAK BMN untuk mengikuti zoom meeting. Aplikasi SAIBA dan SIMAK BMN merupakan beberapa aplikasi keuangan dan aset negara yang digunakan dalam penataan aset negara. Atas dasar tersebut maka adanya surat pemberitahuan bahwa adanya pemanggilan operator aplikasi SAIBA dan SIMAK BMN untuk mengikuti zoom meeting dalam rangka asistensi pelaksanaan penyusunan laporan keuangan Mahkamah Agung berbasis akrual tahun 2020 pada hari Rabu tanggal 16 September 2020 pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Acara ini diikuti oleh seluruh Koordinator Wilayah Badan Urusan Administrasi seluruh Indonesia dan salah satunya adalah Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama. Terdapat 183 satuan kerja yang hadir pada zoom meeting club media center Mahkamah Agung.

Kegiatan ini mengenai mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian, tindak lanjut terhadap temuan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan tahun 2019 dan catatan hasil reviu Badan Pengawasan Mahkamah Agung atas laporan keuangan Mahkamah Agung semester I tahun 2020. Pada korwil Badan Peradilan Agama yang diasistensi adalah laporan DIPA 04 termasuk transfer masuk blanko akta cerai yang baru saja dilakukan pada bulan Agustus 2020. Asistensi laporan keuangan dan aset negara ini dilakukan satu per satu koordinator wilayah melalui aplikasi Elektronik Rekon dan LK. Apabila terdapat temuan selisih nilai telaah di E-Rekon pada satuan kerja maka pemateri akan menanyakan langsung penyebab apa sehingga terjadi beda nilai tersebut pada satuan kerja.

“Kepada seluruh operator agar lebih teliti dan memperhatikan kembali akun-akun yang digunakan serta melakukan telaah mandiri melalui E-Rekon,”tutur bapak M. Sam Umar Wiraharja, S.Kom. Operator SIMAK BMN dan SAIBA harus saling berkoordinasi agar meminimalisir kesalahan pada saat melakukan rekon. Dokumen yang digunakan pada kegiatan ini adalah arsip data komputer aplikasi SAIBA,  arsip data komputer aplikasi SIMAK-BMN, laporan keuangan semester I dan laporan BMN semester I tahun 2020.

Asistensi yang diikuti oleh operator satuan kerja seluruh koordinator wilayah Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung ini dilaksanakan agar mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian dan memperbaiki kembali tatanan kerja bagi operator-operator yang mengelola aplikasi SAIBA dan SIMAK-BMN demi kelancaran pelaksanaan penyusunan laporan keuangan Mahkamah Agung tahun 2020 dengan menindaklanjuti catatan hasil reviu Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

“Bravo PA Kuala Kurun!” (US - TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media