header pta Baru

105. Makna Marhaban dan Ramadhan Lebih dari Sekedar Ucapan “Selamat Datang Bulan Suci Ramadhan”

Written by PA Kuala Kapuas on . Posted in Kuala Kapuas

Written by PA Kuala Kapuas on . Hits: 757Posted in Kuala Kapuas

 

Kuala Kapuas | www.pa-kualakapuas.go.id

Marhaban ya Ramadhan adalah salah satu kalimat yang sering diucapkan menjelang bulan suci ramadhan, bulan ramadhan menjadi bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat muslim karena dengan berbagai keutamaanya, jadwal kultum setelah sholah Dzuhur berjama’ah kali ini Kamis 7 April 2022 ini diisi oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas Syaiful Annas, S.H.I., M.Sy., dengan bertemakan ‘Arti dan Makna Marhaban dan Ramadhan’.

Beliau menyampaikan sedikit arti pada kata yang sering disebut pada bulan suci ini, Marhaban jika diartikan kedalam bahasa arab yaitu Rahb yang berarti luas atau lapang. Sedangkan untuk Ramadhan diartikan sebagai sangat panas dalam hadist yang diriwayatkan Anas bin Malik : Anas bin Malik bercerita bahwa Rasulullah SAW bersabda, dinamakan Romadlon karena membakar sekaligus melenyapkan dosa.

Terakhir beliau tidak lupa mengingatkan kepada kita semua, agar pada Bulan Suci Ramadhan ini untuk selalu memperbaiki diri dan menata hati, menjadikan ramadhan sebagai pembekal diri di akhirat nanti. (nv)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media