header pta Baru

389. PA Kuala Kapuas Mengikuti Upacara Hari Pahlawan

Written by PA Kuala Kapuas on . Posted in Kuala Kapuas

Written by PA Kuala Kapuas on . Hits: 524Posted in Kuala Kapuas

Kuala Kapuas | www.pa-kualakapuas.go.id

Pada hari Rabu 10 Oktober 2021 pukul 08.00 WIB bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Kuala Kapuas Hakim Pengadilan Agama Kuala Kapuas Ahmad Rafuan, M.Sy., para Hakim, Sekretaris, Pejabat Fungsional dan Struktural serta CPNS mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan Pancasila Tahun 2021 yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta secara virtual melalui siaran langsung di TVRI atau kanal youtube Kemensos RI. 

Hal ini dilaksanakan berdasarkan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 2469/SEK/HM.01.2/11/2021 tanggal 8 November 2021 tentang Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021.

Peringatan Hari Pahlawan Tahun ini mengusung tema “Pahlawanku Inspirasiku” Presiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara memimpin ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta, pada Rabu, 10 November 2021.

Tiba di TMP Kalibata pukul 07.52 WIB, Presiden disambut oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Komandan Garnisun Tetap I/Jakarta Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya yang juga bertindak selaku perwira upacara dalam kesempatan tersebut.

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara Kolonel Mar. Danuri. Dalam suasana hening, sirene kemudian dibunyikan selama satu menit untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara selanjutnya memimpin prosesi mengheningkan cipta.

Kepala Negara kemudian meletakkan karangan bunga yang diikuti oleh pembacaan doa bagi arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Selanjutnya, komandan upacara memimpin penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Setelah itu, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan didampingi oleh sejumlah jajaran terkait melaksanakan prosesi tabur bunga di pusara sejumlah pahlawan. Tabur bunga antara lain dilakukan di makam B.J. Habibie, Ainun Habibie, Taufiq Kiemas, Ani Yudhoyono, Umar Wirahadikusumah, Soedarmono, Adam Malik, para pahlawan revolusi, hingga pahlawan pangkat terendah dan pahlawan tak dikenal. (isn)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media