header pta Baru

Topik Webinar Menyoal Pernikahan Dini, Ketua Antusias!

Written by VON on . Posted in Kuala Kapuas

Written by VON on . Hits: 8Posted in Kuala Kapuas

Kapuas (27/6) YM. Ketua PA Kuala Kapuas, Suharja, S.Ag.,M.H. didampingi oleh Wakil Ketua dan Panitera mengikuti Webinar Penanganan Perkara Dispensasi Kawin dan Pencegahan Perkawinan Anak di Peradilan Agama secara daring. Acara ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Peringatan 20 Tahun Kerjasama antara Mahkamah Agung RI dengan Federal Circuit and Family Court of Australia (FCFFOA). Adapun narasumber yang dihadirkan pada webinar ini diantaranya berasal dari Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI, Judge Liz Boyle (FCFCOA), Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, BPS, serta Yayasan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA).

Mengingat perkara Dispensasi Kawin yang cukup banyak ditangani di PA Kuala Kapuas, Ketua cukup antusias mengikuti kegiatan tsb. Ia mengungkapkan bahwa persentase perkara Dispensasi Kawin di PA Kuala Kapuas menyentuh kurang lebihnya 50% dari perkara permohonan yang diajukan, sehingga ia telah mempersiapkan diri untuk menerima insight-insight baru dalam penanganan perkara tersebut.

"Pasalnya, persentase perkaranya disini cukup banyak" tandasnya usai acara

Ketua menjelaskan bahwa PA Kuala Kapuas sendiri telah melakukan langkah-langkah strategis 3 tahun belakangan terkhusus untuk menangani perkara Dispensasi Kawin. Diantara usaha-usaha tersebut ialah bekerja sama dengan instansi terkait seperti Kementerian Agama Kab. Kapuas, Dinas Kesehatan Kab. Kapuas, dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

"Para pemohon akan diarahkan ke intansi terkait untuk mendapatkan edukasi mengenai pernikahan dini terlebih dahulu" jelasnya

"Ini merupakan komitmen kami terhadap isu pernikahan dini" tegasnya

(VON)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media