header pta Baru

Panitera PA Kasongan ikuti Pembinaan Teknis dan Administrasi Peradilan

Written by Pengadilan Agama Kasongan on . Posted in Kasongan

Written by Pengadilan Agama Kasongan on . Hits: 349Posted in Kasongan

PANITERA PA KASONGAN IKUTI PEMBINAAN TEKNIS DAN ADMINISTRASI PERADILAN

BIMTEK

Kasongan | www.pa-kasongan.go.id

Kamis, 27 Januari 2022 | Dalam rangka menindaklanjuti surat nomor 4/WKMA.NY/UND/1/2022, Pengadilan Agama Kasongan yang diwakili oleh Panitera Bapak H. Muhamad Aini, S.Ag. mengikuti kegiatan Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial Bagi Pimpinan, Hakim dan Aparatur Peradilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia secara daring yang dipandu oleh pimpinan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Pembinaan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas, kapasitas dan evaluasi kinerja pada 4 (empat) lingkungan  peradilan di bawah Mahkamah Agung RI.

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Best Western Premier Panbil Batam ini di Moderator oleh Dr.  Andi Samsan Nganro, S.H., M.H. (Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial) dengan Narasumber Ketua Mahkamah Agung (Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H.), Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial (Dr. Andi Samsan Nganro, S.H., M.H.), Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial (Dr. H. Sunarto, S.H., M.H.), Para Ketua Kamar, Hakim Agung, Hakim ad Hoc pada hari pertama pelaksanaan. Kemudian pada hari Jum’at tanggal 28 Januari 2022, narasumber nya yaitu Panitera Mahkamah Agung, Sekretaris Mahkamah Agung serta Pejabat Eselon I dan Pejabat Eselon II Mahkamah Agung. 

Dalam sambutannya Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H.M Syarifuddin mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir untuk tetap menjalankan protokol kesehatan covid-19 secara ketat dan menjaga imunitas tubuh serta melakukan vaksinasi ketiga (booster) untuk melawan gelombang omicron yang bisa datang kapan saja. Beliau juga menyampaikan beberapa hal yang penting, diantaranya : terkait Tangkap Tangan oleh KPK terhadap seorang oknum hakim dan Panitera Pengganti di PN Surabaya telah mencoreng wajah peradilan, untuk itu ia meminta agar pengawasan dan pembinaan oleh atasan langsung seperti yang tertuang dalam PERMA no.8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya agar lebih ditingkatkan.

M. Syarifuddin menyatakan bahwa Pelayanan Prima dan bersih dari KKN merupakan inti dari penilaian WBK dan WBBM yang sangat perlu untuk terus diupayakan oleh satuan kerja-satuan kerja pengadilan, dimana seluruh personilnya berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan prima, transparan dan akuntabel serta jauh dari KKN agar penilaian WBK dan WBBM dapat diraih dan dipertahankan hingga akhir tahun, sehingga memperoleh insentifnya, dibalik itu juga tertanam nilai integritas yang tinggi pada setiap pribadi dalam satker tersebut yang pada gilirannya kepercayaan public akan terbangun. Disamping itu juga ada sertifikat SMAP (Sistem Manageman Anti Penyuapan) yang diberikan oleh Badan Pengawasan MA yang mengerahkan “Mistery Shopper” dalam penilaiannya.

Mengakhiri sambutannya Ketua Mahkamah Agung memberikan pesan “Jangan berharap publik akan percaya kepada Lembaga Peradilan Sepanjang masih ada Hakim dan Aparatur Peradilan yang menggadaikan Integritasnya. Oleh karena itu Hakim dan Aparatur Peradilan yang tidak berintegritas ibarat Tumor dalam tubuh, untuk mengobatinya harus dipotong agar tidak menjalar ke bagian tubuh yang lain”. (Tim Red/MK)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media