header pta Baru

Hakikat Alquran Sebagai Kitab Suci, Kultum Ramadan 12 April 2022 Di Pengadilan Agama Buntok

Written by PA Buntok on . Posted in Buntok

Written by PA Buntok on . Hits: 498Posted in Buntok

Hakikat Alquran Sebagai Kitab Suci, Kultum Ramadan 12 April 2022 Di Pengadilan Agama Buntok

 

 

Buntok | 12 April 2022. Selepas salat zuhur berjamaah, segenap pegawai Pengadilan Agama Buntok menghadiri kegiatan kultum di musala At Ta’awun yang berlokasi di lingkungan Kantor Pengadilan Agama Buntok. Pemateri pada acara kultum kali ini yaitu Dr. Dani Ramdani, S.H.I., M.H. (Wakil Ketua Pengadilan Agama Buntok) sedangkan sebagai moderator adalah Yulianto, S.Kom. (Pranata Komputer Ahli Pertama). Dr. Dani Ramdani, S.H.I., M.H. menyampaikan kultum mengenai “Hakikat Alquran sebagai kitab suci ”. Dalam kultumnya, beliau  menyampaikan bahwa Alquran benar-benar datang dan murni dari Allah SWT. Salah satu bukti kebenaran Alquran lainnya adalah hingga saat ini tidak ada yang bisa membuat kitab yang menyamai Alquran. Dalam Alquran, Allah bahkan memberikan tiga tantangan kepada manusia untuk membuat yang seperti Alquran; Allah menantang manusia untuk membuat satu kitab yang seperti Alquran, Allah menantang manusia untuk membuat 10 surat yang seperti Alquran, Allah menantang untuk membuat satu surat yang seperti surat dalam Alquran. Lanjutnya, Alquran mengandung nilai-nilai dan ajaran yang benar dan sangat aplikatif serta konstekstual yang menjadi petunjuk bagi seluruh manusia. Isinya tidak saling kontradiktif. Ia juga tidak mengajarkan hal-hal yang tidak mungkin, hal-hal aneh yang mustahil untuk dicapai. Alquran telah menerima manusia sebagaimana adanya dan kemudian mendorongnya untuk mencapai sesuatu yang bisa dicapai. Sebagai penutup beliau menyampaikan mengenai Surat Fatir ayat 32 bahwa: Allah mewahyukan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad. Kemudian ajaran-ajaran Alquran itu diwariskan-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang terpilih. Mereka itu adalah umat Nabi Muhammad, sebab Allah telah memuliakan umat ini melebihi kemuliaan yang diperoleh umat sebelumnya. Kemuliaan itu tergantung kepada sejauh manakah ajaran Rasulullah itu mereka amalkan, dan sampai di mana mereka sanggup mengikuti petunjuk Allah. Berikut ini dijelaskan tingkatan-tingkatan orang mukmin yang mengamalkan Alquran:
1.Orang yang zalim kepada dirinya. Maksudnya orang yang mengerjakan perbuatan wajib dan juga tidak meninggalkan perbuatan yang haram.
2.Muqtashid, yakni orang-orang yang melaksanakan segala kewajiban dan meninggalkan larangan-larangannya, tetapi kadang-kadang ia tidak mengerjakan perbuatan yang dipandang sunah atau masih mengerjakan sebagian pekerjaan yang dipandang makruh.
3.Sabiqun bil khairat, yaitu orang yang selalu mengerjakan amalan yang wajib dan sunah, meninggalkan segala perbuatan yang haram dan makruh, serta sebagian hal-hal yang mubah (dibolehkan).

Alquran sebagai kitab petunjuk agar tidak hanya dihafalkan saja, tapi mari dipahami juga maknanya dan diamalkan agar kita mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat.

Setelah acara kultum, kegiatan dilanjutkan dengan tadarus Alquran seperti biasa yang dibacakan bergiliran oleh pegawai yang hadir di musala At Ta’awun Pengadilan Agama Buntok. Semoga dengan kegiatan seperti ini akan dapat memberi manfaat dan keberkahan sebagamana berkah bulan Ramadan.

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media