logo pta6

7. Selamat datang 7 (tujuh) Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya Dalam Praktik Kemahiran Hukum I Program Studi Hukum Keluarga Islam di PA Buntok (PA Buntok)

Written by Saiful Imran on . Posted in Buntok

Written by Saiful Imran on . Hits: 153Posted in Buntok

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Selamat datang 7 (tujuh) Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya Dalam Praktik Kemahiran Hukum I Program Studi Hukum Keluarga Islam di PA Buntok


C:\Users\user\Downloads\2-768x521 (1).jpg

“Selamat datang Dosen dan Para Mahasiswa di Pengadilan Agama Buntok”, sambut Ketua Pengadilan Agama Buntok dalam acara penyambutan mahasiswa magang, pada hari Senin tanggal 18 Januari 2021. Pengadilan Agama Buntok telah menerima Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya sejumlah 7 (tujuh) orang untuk melaksanakan magang dalam kegiatan Praktik Kemahiran Hukum I Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya selama 15 hari kerja dimulai tanggal 18 Januari 2021 sampai dengan 05 Februari 2021.

Dosen pembimbing sebagai perwakilan Dekan Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya menyatakan sangat senang telah diterima dengan baik di Pengadilan Agama Buntok. Kemudian ia meminta izin kepada Ketua Pengadilan Agama Buntok selaku pimpinan agar berkenan memberikan izin observasi-magang kepada 7 (tujuh) orang mahasiswa serta memberikan motivasi dan ilmu kepada para mahasiswa tersebut.

Mustolich, S.H.I. sebagai Ketua Pengadilan Agama Buntok menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi dalam hal ini Dosen maupun mahasiswa merupakan stakeholder Pengadilan Agama Buntok sehingga kami menerima dengan tangan terbuka dan mempersilahkan para mahasiswa untuk menimba ilmu, melakukan observasi dan praktik kerja di Pengadilan Agama Buntok. Kemudian Ketua Pengadilan Agama Buntok menunjuk Abdulloh Mubarok Al Ahmady, S.H.I. dari Hakim sebagai mentor agar para mahasiswa terarah dan menerima ilmu dengan baik di Pengadilan Agama Buntok. Selanjutnya para mahasiswa dapat berkoordinasi dengan Panitera Pengadilan Agama Buntok untuk menggali administrasi kepaniteraan. Selain itu, para mahasiswa juga dapat berkoordinasi dengan Sekretaris Pengadilan Agama Buntok untuk menggali administrasi kesekretariatan.

Kemudian setelah acara penyambutan selesai, para mahasiswa mendapatkan mentoring dari Abdulloh Mubarok Al Ahmady, S.H.I., di ruang media center dengan memberikan motivasi bahwa sarjana hukum memiliki lapangan pekerjaan yang luas dan para mahasiswa mengaku mempunyai cita-cita yang beragam diantaranya: Hakim, Panitera dan Kuasa Hukum. Kemudian Mentor juga menjelaskan kepada para mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan praktik terkait dengan gugatan, jawaban, replik, duplik, bukti-bukti, kesimpulan, berita acara sidang dan putusan. Setelah itu, para mahasiswa bertemu dengan Sekretaris Pengadilan Agama Buntok, Bpk. Abdul Wahid, S.H. di ruang Sekretaris Pengadilan Agama Buntok menjelaskan kepada mereka berkaitan dengan alur pengelolaan kesekretariatan, meliputi umum dan keuangan, kepegawaian dan ortala serta perencanaan dan teknologi informasi. Selanjutnya para mahasiswa tersebut mendapatkan arahan dari Panitera Pengadilan Agama Buntok, Bpk. Ibramsyah, S.H. di ruang Panitera. Setelah para mahasiswa memperkenal diri, lalu Panitera sedikit memberikan pengetahuan tentang tugas-tugas yang berhubungan dengan kepaniteraan, mulai dari penerimaan perkara, penyelesaian perkara, sampai dengan produk pengadilan melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), tugas pokok hakim, panitera, Jurusita dan seterusnya. Panitera juga memeberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk bertanya yang berhubungan kepaniteraan. Setelah itu Panitera memberikan tugas dan penempatan pada mereka untuk membantu para Panitera Muda Permohonan, Panitera Muda  Gugatan dan Panitera Muda Hukum apa saja yang mesti mereka kerjakan. Dengan adanya para mahasiswa sedikit membantu para pegawai pengadilan agama karena keterbatasan pegawai.

C:\Users\user\Downloads\3-768x346.jpg

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media