Harap Tunggu...

» Kuala Pembuang » Ragam Inovasi Pelayanan Publik PA Kuala Pembuang Tahun 2021
Ragam Inovasi Pelayanan Publik PA Kuala Pembuang Tahun 2021
  

Ragam Inovasi Pelayanan Publik PA Kuala Pembuang Tahun 2021

410

Foto: Ragam inovasi PA Kuala Pembuang Tahun 2021

Kuala Pembuang | pa-kualapembuang.go.id

Seruyan – Rabu, 01 Desember 2021. Dalam rangka upaya untuk meningkatkan pelayanan prima yang mendukung pembangunan Zona Integritas dan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat, pada tahun 2021 PA Kuala Pembuang telah mengembangkan beberapa inovasi mandiri serta mengadopsi dan mengimplementasikan beberapa inovasi yang telah dibangun oleh PTA Palangka Raya maupun Ditjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI.

Pada tahun 2021 PA Kuala Pembuang telah mengembangkan secara mandiri 5 (lima) inovasi yang mendukung pelayanan publik kepada masyarakat, inovasi tersebut yaitu: 1) Buku Saku Pedoman Pelayanan PTSP, sebagai pedoman bagi petugas PTSP untuk pelayan prima kepada masyarakat. 2) PTSP Online, untuk mempermudah para pihak yang berkepentingan dalam memperoleh informasi terkait layanan, syarat dan prosedur maupun pengaduan. 3) SIPAPPA (Sistem Pengantaran Produk Pengadilan), yang berguna untuk memberikan Pelayanan berupa Pengantaran Produk Pengadilan yaitu Akta Cerai dan Salinan Putusan/Penetapan kepada para pihak berperakara. 4) SIDATUK Gawi Hatantiring (Sistem Integrasi Data Kependudukan) yang digunakan untuk mengirimkan pengajuan perubahan data kependudukan oleh pihak berperkara pada Pengadilan Agama Kuala Pembuang yang telah selesai proses persidangan dan terbit Salinan putusan/penetapan yang telah berkekuatan hukum. 5) GURIO (Gugatan Mandiri Online), merupakan Gugatan Mandiri Online berbasis website untuk memudahkan masyarakat mengkases dan mengisi formulir gugatan dengan format yang mudah dipahami dan mudah diisi sendiri oleh masyarakat.

Selain meluncurkan aplikasi mandiri, PA Kuala Pembuang juga telah menerapkan aplikasi yang diluncurkan PTA Palangka Raya pada tahun 2021 yang meliputi: 1) SP3K (Survei Pelayanan Publik dan Persepsi Korupsi) yang merupakan digitalisasi survei pelayanan publik dan persepsi korupsi. 2) SiACun (Sistem Aplikasi Cuti Online) yang merupakan aplikasi mandiri untuk pengajuan dan permohonan cuti bagi pegawai PTA Palangka Raya. 3) SI-ADING (Sistem Informasi Banding) yang merupakan aplikasi transparansi informasi mengenai proses dan biaya perkara banding. 4) SIAPPAK (Sistem Informasi Administrasi Pelaporan Perkara dan Administrasi Keuangan) yang merupakan bentuk akuntabilitas terhadap pengelolaan administrasi dan keuangan perkara.

PA Kuala Pembuang juga menerapkan aplikasi inovasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI yang diluncurkan pada tahun 2021 yang terdiri dari Aplikasi PMPAPM (Penilaian Mandiri Pembangunan Akreditasi Penjamin Mutu), Kinsatker (e-Laporan, Monitoring, e-Tiket, dan e-Penilaian) dan Access CCTV Online (ACO). (Redaksi/RS)