Harap Tunggu...

» Kuala Pembuang » Progres Penilaian Website Pengadilan Agama Kuala Pembuang Tahun 2021
Progres Penilaian Website Pengadilan Agama Kuala Pembuang Tahun 2021
  

Progres Penilaian Website Pengadilan Agama Kuala Pembuang
Tahun 2021

457

Foto: Tampilan Website Pengadilan Agama Kuala Pembuang

Kuala Pembuang | pa-kualapembuang.go.id

Seruyan – Senin, 27 Desember 2021. Sebagai salah satu bentuk keterbukaan informasi kepada masyarakat Pengadilan Agama Kuala Pembuang senantiasa menyajikan informasi terupdate dan akurat bagi masayrakat, salah satunya melalui media website pengadilan. Dalam penyajian data dan informasi pada website pengadilan ini tentunya masih dibawah monitoring dan evaluasi dari Badilag dalam bentuk sistem penilaian website yang terintegrasi.

Sistem penilaian website yang diterapkan oleh Badilag sekarang ini menggunakan Sistem Integrasi Penilaian Website yang terintegrasi dengan aplikasi SIMTALAK (Sistem Informasi Manajemen Ketatalaksanaan) yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama melalui Tim di Sub Bagian Dokumentasi dan Informasi Organisasi dan Tatalaksana dan mulai diberlakukan pada triwulan IV tahun 2020 berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor: 4060/DJA/HM.02.3/12/2020 tanggal 8 Desember 2020.

Berdasarkan hasil penilaian website triwulan oleh Badilag melalui SIMTALAK tersebut progress penilaian website untuk tahun 2021 ini mencapai nilai 825 pada triwulan I dan II dan sempat menurun pada triwulan III ke nilai 800. Namun, kekurangan dalam penilaian ini dapat segera mungkin diperbaiki oleh tim pengelola website Pengadilan Agama Kuala Pembuang.

Adapun dalam penilaian pengelolaan website Peradilan Agama ini, terdapat 7 (tujuh) kriteria utama penilaian dengan sub kriteria penilaian pada masing-masing kriteria utama, yaitu sebagai berikut:

  • 1. Profil Pengadilan, meliputi Visi dan Misi Pengadilan, Tugas Pokok dan Fungsi, Wilayah Yurisdiksi, Struktur Organisasi, Sejarah Pengadilan, daftar Nama Mantan Pimpinan, Agenda Kegiatan, Alamat dan Kontak Pengadilan.
  • 2. Informasi Umum, meliputi Prosedur Standar Operasional (SOP) Pengadilan, Program Kerja Tahunan dan Laporan Tahunan.
  • 3. Kepaniteraan, meliputi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), e-Court, Direktori Putusan, Prosedur berperkara, Hak-hak para pencari keadilan, Hak-hak pokok dalam proses persidangan, Tata tertib Persidangan, Agenda/jadawal persidangan, mediasi, statistik perkara, Panggilan Ghaib, Delegasi/Tabayun, Biaya proses berperkara, biaya hak-hak kepaniteraan, radius biaya panggilan, laporan penggunaan biaya perkara, laporan pengembalian sisa panjar perkara, beperkara tanpa biaya (prodeo), pos bantuan hukum dan pedoman pengelolaan kepaniteraan.
  • 4. Kesekretariatan, meliputi profil pejabat dan pegawai, statistic jumlah pegawai, LHKP, LHKASN, DIPA, LRA, CALK, Neraca keuangan, Asset dan inventaris, pengadaan barang dan jasa, Renstra, RKT, Rencana Aksi Kinerja, PK, IKU dan Reviu IKU,LKjIP, Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan.
  • 5. Layanan Publik, meliputi Standar dan Maklumat Pengadilan, Jam Kerja Pelayanan, Fasilitas Publik, SOP Pelayanan, PTSP dan Pengaduan,Layanan Permintaan Informasi,Layanan Pengaduan, Pengawasan, dan Prosedur Evakuasi.
  • 6. Publikasi, meliputi arsip berita, pengumuman, file multimedia, hasil penelitian, MoU, artikel, regulasi.
  • 7. Informasi Lainnya, meliputi Statistik Kunjungan Website, tautan terkait, ucapan selamat/duka cita, dan tautan ke situs media sosial.

Dengan kerjasama dan monitoring serta evaluasi dari semua penanggung jawab dan tim pengelola website diharapkan kedepannya bisa terus lebih meningkatkan capaian yang telah diraih. Capaian dalam progres penilaian website juga menjadi salah satu komponen yang menambah nilai dalam penilaian kinerja satuan kerja pada setiap triwulan. (Redaksi/RS)