logo pta5

CUPLIKAN RUMUSAN HUKUM KAMAR AGAMA MAHKAMAH AGUNG RI

Written by Edi on . Posted in Artikel Hukum

Written by Edi on . Hits: 313Posted in Artikel Hukum

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

CUPLIKAN

RUMUSAN HUKUM KAMAR AGAMA

MAHKAMAH AGUNG RI

(Bagian Kedua)

 PENGANTAR

                Tulisan dengan judul Cuplikan Rumusan Hukum Kamar Agama Mahkamah Agung RI ini hadir di hadapan pembaca adalah merupakan rangkuman dari Rumusan Hukum Hasil Rapat Pleno Kamar Agama mulai tahun 2012 dan seterusnya. Untuk bagian pertama diterbitkan sampai dengan tahun 2018, sedang untuk bagian kedua diterbitkan pada tahun 2019 setelah terbitnya Sema Nomor 2 Tahun 2019. Untuk tahun selanjutnya akan disambung dengan setiap keluarnya Rumusan Hukum Kamar Agama.

               Rangkuman dari berbagai rumusan hukum kamar agama menjadi penting, oleh karena harus dijadikan pedoman bagi aparat peradilan agama dalam melaksanakan tugas-tugas yustisialnya.

                Cuplikan dari Rumusan Hukum Kamar Agama ini dapat dianggap penting, oleh karena ketika memerlukannya tidak perlu lagi membuka-buka beberapa Surat Edaran Mahkamah Agung yang berkaitan dengan Rumusan Hukum yang dihendaki. Disamping itu, disajikan pula rumusan dari Kamar Perdata dan Kamar Militer yang materinya dianggap terdapat relevansi dengan tugas aparat peradilan agama. Penyajian rumusan dari kamar lain ini diharapkan juga akan memberikan manfaat dalam memperluas wawasan hukum yang berkembang dalam dunia peradilan di Indonesia.

                Ketika suatu peraturan baru diterbitkan, dapat diduga akan timbul berbagai macam kendala dalam implementasinya, sehingga memerlukan petunjuk teknis dalam melaksanakannya. Dalam kondisi seperti ini, dimana petunjuk teknispun belum ada, maka diperlukan kajian dan bermacam-macam gagasan yang disampaikan secara terbuka. Berangkat dari asumsi ini, besar harapan penulis akan partisipasi aktif dari aparat peradilan agama, terutama para hakimnya dalam memahami dan melengkapi hal-hal yang belum dijelaskan secara terperinci dalam Rumusan Hukum Kamar Agama.

Silahkan Download Artikel Selengkapnya dibawah ini

   download Cuplikan Rumusan Hukum Kamar Agama

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya

 

Tautan Aplikasi