Sidang di luar gedung pengadilan adalah sidang yang dilaksanakan secara tetap, berkala atau sewaktu-waktu oleh pengadilan di suatu tempat yang ada di dalam wilayah hukumnya tetapi di luar tempat kedudukan gedung pengadilan dalam bentuk sidang keliling atau sidang di tempat sidang tetap. Sidang di luar gedung ini bertujuan untuk mempermudah setiap warga negara yang tidak mampu atau sulit menjangkau lokasi kantor Pengadilan karena hambatan biaya atau hambatan fisik atau hambatan geografis.

Pada kesempatan sidang di luar gedung kali ini semua Hakim ikut berangkat ke Pulang Pisau yaitu yang mulia Ibu Dra. Hj. Norhayati, M.H., Bapak H. Ahmad Farhat, S.Ag., S.H., M.H.I., Bapak Abdullah, S.H.I., M.H., Bapak Zuhairi Bharata Ashbahi, S.H.I., M.H. beserta tiga orang sebagai Panitera dan Panitera Pengganti yaitu Bapak Drs. H. Moklis, Ibu Hj. Ai Sundayati, S.Ag. dan Ibu Kartini, S.H.I. dan seorang staf yaitu Ahmad Rosadi atau yang akrab disapa dengan Damak.

Dalam sidang di luar gedung tersebut ada lima perkara, tiga perkara cerai talak dan dua perkara cerai gugat. Adapun dari lima perkara tersebut dua diantaranya berhasil di putus. Adapun tiga perkara yang lainnya ditunda untuk sidang selanjutnya pada tanggal 27 Agustus 2018 ditempat yang sama.

[Epri Wahyudi]