header pta Baru

Ketua PA Sampit Hadiri Evaluasi Lanjutan Pembangunan Zona Integritas

Written by Super User on . Posted in Sampit

Written by Super User on . Hits: 1251Posted in Sampit

Ketua PA Sampit Hadiri Evaluasi Lanjutan Pembangunan Zona Integritas

F:\PTIP\ARIEF\zi1.jpeg

Sampit | www.pa-sampit.go.id

Berdasarkan undangan dari Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 1163/SEK/OT.01.1/8/2019 tanggal 1 Agustus 2019 Hal Undangan, yang mana dalam undangan tersebut dicantumkan bahwa PA Sampit sebagai salah satu satker yang diundang. Maka Ketua PA Sampit Norhadi, S.H.I. pada tanggal 7 s.d 9 Agustus 2019 bertolak ke Jakarta untuk menghadiri kegiatan yang ada dalam undangan tersebut, yaitu Evaluasi Lanjutan Pembangunan Zona Integritas  bertempat di Hotel Mercure Convention Centre Ancol-Jakarta Baycity Pantai Indah Ancol Pademangan. 

Acara tersebut dilaksanakan oleh Mahkamah Agung dalam rangka persiapan  kegiatan survey terhadap 177 pengadilan yang diusulkan untuk memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) oleh Badan Pusat Statistik (BPS). 

Dalam pidato pembukaannya, Kepala Badan Pengawasan, Nugroho Setiadji yang bertindak mewakili Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial menyampaikan bahwa seluruh pengadilan yang diusulkan untuk memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tersebut telah melewati proses penilaian oleh Tim Penilai Internal (TPI) dari Badan Pengawasan. “Awalnya terdapat 186 pengadilan yang dinilai dengan penilaian lapangan dan penilaian dokumen (desk review), hasilnya 177 pengadilan dinyatakan memenuhi syarat dan sisanya dinyatakan tidak memenuhi syarat,” ungkap Nugroho.

Nugroho berharap seluruh pengadilan yang diusulkan tahun ini dapat meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). “Semoga usaha-usaha para pimpinan pengadilan dapat mencapai cita-cita yang diinginkan,” pungkas Nugroho.

Sementara itu Sekretaris Mahkamah Agung, A. S. Pudjoharsoyo selaku Penanggung Jawab Reformasi Mahkamah Agung/Pembangunan Zona Integritas dalam pengarahannya menekankan pentingnya komitmen pimpinan dalam pembangunan zona integritas. Menurutnya, pembangunan zona integritas tidak dapat dipisahkan dari peranan kepemimpinan. “Kapasitas kepemimpinan merupakan faktor yang mempengaruhi (proses) pembangunan zona integritas,” ungkap Pudjoharsoyo.C:\Users\CELLCOM\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG-20190808-WA0039.jpg

Komitmen pimpinan terukur dari sejauhmana pimpinan melakukan internalisasi dan sosialisasi pembangunan zona integritas menuju WBK melalui kegiatan-kegiatan seperti pembinaan, apel pagi, rapat-rapat, dan lain-lain.

Adapun pada tahap evaluasi, dorongan pimpinan terhadap unit kerjanya untuk dievaluasi mulai dari pengarahan Tim Zona Integritas untuk melakukan evaluasi  dan mengajukannya ke unit kerja yang setingkat lebih tinggi merupakan wujud konkret komitmen pimpinan.

Di akhir pengarahannya, Pudjoharsoyo juga berharap agar pengadilan-pengadilan yang diajukan dapat memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). “Peroleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi merupakan barometer integritas sumber daya manusia dan kualitas prima pelayanan publik,” Pungkas Pudjoharsoyo. 

Pada acara tersebut Ketua PA Sampit juga mempresentasikan pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas yang sudah berjalan di PA Sampit. (Tim Redaksi PA Sampit)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media