header pta Baru

Studi Banding persiapan survailence APM dan ZI PA Pulang Pisau ke PTA Palangka Raya

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 926Posted in Pulang Pisau

Studi Banding persiapan survailence APM dan ZI PA Pulang Pisau

ke PTA Palangka Raya

Jum'at, 15 Mei 2020. Sebagaimana diketahui, Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya baru saja mendapat predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dari Kemenpan RB. Hal ini lantas mendorong Pengadilan Agama Pulang Pisau untuk melakukan studi banding ke PTA Palangka Raya mengenai keberhasilan penerapan Zona Integritas, serta memantapkan persiapan survailence Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) yang pertama di PA Pulang Pisau. Ketua PA Pulang Pisau menugaskan Wakil Ketua (Erpan, S.H., M.H.) sebagai ketua APM PA Pulang Pisau dengan didampingi oleh bagian kesekretariatan kasubag umum dan keuangan PA Pulang Pisau (Ahmad Syahida, S.H.I.) dan bagian kepaniteraan Panmud Permohonan (Ali Maungga, S.H.) serta PNS (Bemby Joviko, S.H.)

Sekretaris PTA Palangka Raya, Mukti Ali, S.Ag., M.H., menyambut baik kedatangan rombongan Pengadilan Agama Pulang Pisau di ruang sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya. Kemudian beliau memberikan penjelasan mengenai beberapa hal tentang Pembangunan Zona Integritas, program prioritas Mahkamah Agung sekarang adalah Zona Integritas, dan Zona Integritas ini adalah bagian dari Reformasi Birokrasi. Untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya harus di dukung dengan Akreditasi Penjaminan Mutu ( APM ), Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ), Zona Integritas ( ZI ). Reformasi Birokrasi ini merupakan langkah awal untuk melakukan penataan terhadap system penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional”, tuturnya .

Dalam kesempatan tersebut, beliau selaku salah satu pimpinan memperlihatkan semua dokumen-dokumen terkait APM dan ZI di ruang arsip khusus dokumen APM dan ZI. Beliau memberi arahan tentang bagaimana cara pengarsipan yang baik dan benar sesuai Lembar Kerja Evaluasi (LKE) yang ada, semua dokumen diurutkan sesuai LKE, lalu disusun dalam otner dan setiap eviden dilapisi dengan plastik supaya tidak rusak maupun kotor, dan setiap sub bagian diberi kertas pembatas sesuai LKE sehingga mudah untuk dicari ketika diperlukan.

Beliau juga menerangkan bahwa keberhasilan kegiatan pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM memang bukan jaminan bagi tercapainya institusi yang konsisten pada prinsip integritas dan melayani, namun ini adalah awal bukti komitmen institusi pada prinsip-prinsip tersebut yang perlu terus dijaga dan ditingkatkan kualitasnya. Beliau juga menambahkan bahwa kunci dari keberhasilan dari Pembangunan Zona Integritas adalah komitmen, kesepahaman, dan kerja sama yang baik antara pimpinan dan pelaksana.

Setelah studi banding dirasa cukup, Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau, Erpan, S.H., M.H., mengucapkan terimakasih kepada Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya karena telah menerima kedatangan rombongan dari PA Pulang Pisau dan memberikan pemahaman serta pengarsipan mengenai dokumen seputar APM dan Zona Integritas. Kemudian besar harapan Pengadilan Agama Pulang Pisau untuk dapat mensukseskan survailence APM yang pertama serta persiapan pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Agama Pulang Pisau dapat dilakukan lebih mendalam.

(Ali)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media