header pta Baru

PA KUALA PEMBUANG IKUTI REFLEKSI AKHIR TAHUN 2020 MAHKAMAH AGUNG RI

Written by Edi on . Posted in Kuala Pembuang

Written by Edi on . Hits: 531Posted in Kuala Pembuang

PA KUALA PEMBUANG IKUTI REFLEKSI AKHIR TAHUN 2020
MAHKAMAH AGUNG RI 


Kuala Pembuang | pa-kualapembuang.go.id

KUALA PEMBUANG – Rabu, 30 Desember 2020. Pengadilan Agama Kuala Pembuang mengikuti live streaming di youtube Mahkamah Agung RI. Dalam live streaming tersebut mengangkat tentang
“Refleksi akhir tahun Mahkamah Agung tahun 2020” dalam subtema “Melangkah maju dengan semangat modernisasi peradilan dalam menyongsong tahun 2021”. 

Dalam sambutannya  Ketua Mahkamah Agung RI. Dr. M. Syarifuddin SH., MH, Banyak menyampaikan hal tentang penanganan perkara di peradilan tingkat pertama, banding, hingga penanganan perkara di tingkat kasasi. KMA juga menyoroti tentang adanya keluhan oleh masyarakat tentang banyaknya antrian pendaftaran perkara melalui e-Court. Padahal pemakaian e-Court itu sendiri merupakan sarana penunjang untuk mempermudah masyarakat mendaftar perkara tanpa melalui antrian. KMA juga menegaskan untuk tahun 2021 tidak ada lagi keluhan-keluhan yang sama dengan tahun 2020 terulang lagi.

Ketua Mahkamah Agung RI. juga menyoroti pertanyaan dari salah seorang penggiat anti korupsi yang mempertanyakan mengenai pengurangan pidana  terhadap tersangka korupsi. YM Dr. M. Syarifuddin SH., MH. Menanggapi hal ini dengan kebijaksanaan atas independensi hakim yang menyidangkan perkara tersebut. Bahkan Ketua Mahkamah Agung RI. Tersebut tidak ada kewenangan untuk menanyakan dan bahkan mencampuri mengenai hal tersebut. Maka dari itu seluruh hakim di seluruh Indonesia memiliki indepedensi mutlak yang siapapun tidak dapat mempengaruhi isi putusan perkara tertentu.

Refleksi akhir tahun 2020 ini diakhiri sekitar pukul 11.00 WIB. Di penghujung acara MC memberikan kata-kata mutiara yang dikutip dari Ketua mahkamah Agung RI. YM Dr. M. Syarifuddin SH., MH. Kata-kata mutiara tersebut berbunyi “Mahkamah Agung tidak berupaya menjadi sempurna, namun akan terus berupaya menjadi lebih berguna”. (Redaksi/H.N.I.)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media