header pta Baru

PA Pulang Pisau Ikuti acara instalasi Raspberry dan Implementasi 9 inovasi aplikasi Ditjen Badilag di PTA Kalimantan Tengah

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 1472Posted in Pulang Pisau

PA Pulang Pisau Ikuti acara instalasi Raspberry dan 

Implementasi 9 inovasi aplikasi Ditjen Badilag di PTA Kalimantan Tengah

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto BeritaRapsberry 1.jpg

 

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Mohammad Anton Dwi Putra S.H., M.H, dan Azmi Fuadi, S.H., Satgas MISIK PA Pulang Pisau Mengikuti acara instalasi Raspberry dan implementasi 9 inovasi Aplikasi ditjen badilag pada hari Jumat (22/10/2019) pukul 07.00 WIB di Aula Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah.

Pembukaan acara dibuka oleh bapak Drs. H. Shofrowi, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah. dilanjutkan oleh Bapak Drs. M. sidiq, M.H, Panitera Dan Bapak Dr. Ufie Ahdie, S.H., M.H, Panitera Muda Hukum selaku moderator.

Kegiatan ini dikuti oleh seluruh Satgasus MISIK dan admin SIPP Se-Kalimantan Tengah yang akan menguji coba 9 inovasi aplikasi ditjen badilag yang dimana 9 aplikasi ini akan dijalankan di setiap Pengadilan Agama Se-Kalimantan Tengah. 9 inovasi aplikasi ditjen badilag tersebut diantaranya yaitu Aplikasi notifikasi perkara, Aplikasi inovasi produk peradilan, Aplikasi antrean sidang, Aplikasi basis data terpadu kemiskinan, Command center, Aplikasi PNBP fungsional, e-Eksaminasi, e-Register dan e-Keuangan.

Persiapan untuk uji coba diwajibkan memakai laptop, flasdisk, Raspberry Pi 3 lengkap dan kabel LAN minimal panjang 5 meter. 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritarapsberry 2.jpg

Rahmad Suaidi S. Kom, Narasumber pada acara ini mengenalkan apa itu Raspberry Pi, Raspberry Pi atau yang biasanya disebut Raspi adalah komputer single-board yang dibuat oleh Raspberry Pi Foundation. Raspberry Pi merupakan komputer dengan ukuran kecil, hampir  seukuran sebuah kartu kredit. Raspberry Pi dilengkapi dengan prosesor, RAM dan port hardware yang khas yang bisa ditemukan pada banyak komputer. Hal ini membuat bisa melakukan banyak hal seperti pada sebuah komputer pada umumnya. 

“Anda dapat melakukan hal-hal seperti mengedit dokumen, memutar video, memutar musik, coding dan banyak hal lainnya. Dengan ukuran yang bisa dibilang mini dengan spesifikasi terbatas, Raspberry Pi tidak akan se-powerfull seperti PC desktop. Tetapi karena harganya yang terjangkau, maka Anda bisa mengoprek dan memodifikasi dengan mudah. Sistem operasi yang digunakan untuk Raspberry Pi adalah Raspbian OS yang didasarkan dari Debian, terang Rahmad.

Bapak Drs. H. Shofrowi, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah mengharapkan semua PA Se-Kalimantan Tengah segera menerapkan 9 Aplikasi tersebut. Terkait kendala ada dua aplikasi yang belum bisa dijalankan hingga saat ini yaitu command center karena terkait anggaran dan aplikasi antrean sidang karena belum siap. Semoga kendala yang ada cepat ditidaklanjuti dan semua aplikasi dapat berjalan dengan sempurna, tutupnya.

 

(Akbar)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media