Keluarga Besar Pengadilan Agama Pulang Pisau Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2021

Written by Elwin Purnama on . Posted in Pulang Pisau

Written by Elwin Purnama on . Hits: 127Posted in Pulang Pisau

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Keluarga Besar Pengadilan Agama Pulang Pisau Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2021

 

\\10.10.10.10\bankdata_papps\NINO\KERJAAN YG SAYA KERJAKAN SELAMA DI PULPIS\COREL OR DESIGN GRAFIS OR EDIT VIDEO\HARI PED NAS\HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2021.jpg 

Pemerintah menetapkan tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional. Perkembangan Pendidikan di Indonesia merupakan hasil perjuangan Ki Hajar Dewantara sebab beliau adalah pelopor pendidikan pribumi pada zaman penjajahan Belanda. Sebab, pada masa penjajahan Belanda untuk memperoleh pendidikan sangat sulit bagi kaum pribumi, sebab pendidikan hanya dapat diperoleh bagi mereka kaum bangsawan. Lalu, dengan keadaan sulit seperti itu Ki Hajar Dewantara mendirikan Taman Siswa untuk kaum pribumi agar mereka dapat mendapatkan pendidikan yang setara dengan kaum bangsawan. Dalam sistem pendidikan Ki Hajar Dewantoro menerapkan tiga semboyan dalam bahasa Jawa yaitu : 

  • Ing Ngarso Sung Tulodho

Bagi seorang pengajar harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik

  • Ing Madyo Mbangun Karso

Diantara murid, seorang pengajar harus menciptakan ide dan prakarsa

  • Tut Wuri Handayani

Dari belakang seorang pengajar harus bisa memberi dorongan serta arahan kepada muridnya

Hasil perjuangan yang keras Ki Hajar Dewantara membuat beliau memperoleh gelar Bapak Pendidikan Nasional. Kita sebagai generasi muda juga tidak boleh lupa akan perjuangan beliau dengan selalu belajar dengan tekun maka kita sudah mendukung gerakan Indonesia merdeka belajar. Dengan menyadari akan pentingnya pendidikan bagi setiap anak bangsa, maka Pengadilan Agama Pulang Pisau turut mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021.

“C.A.T( Cepat, Aktual, dan Terpercaya), DVT/Timred”