header pta Baru

Kultum Shalat Ashar Terakhir Oleh Nida Farhanah, S.Sy., M.H. Pada Pengadilan Agama Pulang Pisau

Written by PA Pulang Pisau on . Posted in Pulang Pisau

Written by PA Pulang Pisau on . Hits: 15Posted in Pulang Pisau

Kultum Shalat Ashar Terakhir Oleh Nida Farhanah, S.Sy., M.H. Pada Pengadilan Agama Pulang Pisau

 188

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id 

Pada hari Selasa 04 Juni 2024 bertempat di Mushalla Pengadilan Agama Pulang Pisau dilaksanakannya kegiatan rutin yakni kultum setelah shalat ashar yang terakhir kalinya disampaikan oleh ibu Nida Farhanah, S.Sy., M.H. sebelum meninggalkan Pengadilan Agama Pulang Pisau.

Nida Farhanah, S.Sy., M.H. selaku Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau menyampaikan “penyebab penyebab Hati Gelap dan Terang – dari Kitab yang ditulis oleh Atsar Abdullah bin Mas`ud ra.

اَرْبَعَةٌ مِنْ ظُلْمَةِ الْقَلْبِ : بَطْنٌ شَبْعَانٌ مِنْ غَيْرِ مُبَالَاةٍ وَصُحْبَةُ الظَّالِمِيْنَ وَنِسْيَانُ الذُّنُوْبِ الْمَاضِيَةِ وَطُوْلُ الْاَمَلِ وَاَرْبَعَةٌ مِنْ نُوْرِ الْقَلْبِ : بَطْنٌ جَائِعٌ مِنْ حَذَرٍ وَصُحْبَةُ الصَّالِحِيْنَ وَحِفْظُ الذُّنُوْبِ وَقَصْرُ الْاَمَلِ .

Artinya : Empat perkara yang dapat menyebabkan hati menjadi gelap, yaitu : perut yang terlalu kenyang, berteman dengan orang yang zhalim, melupakan dosa-dosa yang telah berlalu dan lamunan ngelantur (berandai-andai). Dan empat perkara yang dapat menyebabkan hati menjadi bercahaya yaitu, perut yang lapar karena berhati hati dengan halal haram, berteman dengan orang yang shaleh, mengingat dan menyesali dosa-dosa yang telah berlalu dan tidak terlalu berandai-andai,” tutur beliau.

“C.A.T (Cepat, Aktual dan Terpercaya), AS/Timred”.

 
 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media