header pta Baru

PA Kuala Pembuang Ikuti Acara Launching Aplikasi E-BIMA

Written by PA Kuala Pembuang on . Posted in Kuala Pembuang

Written by PA Kuala Pembuang on . Hits: 726Posted in Kuala Pembuang

PA Kuala Pembuang Ikuti Acara Launching Aplikasi E-BIMA

launching ebima

Foto: Ketua PA Kuala Pembuang didampingi Panitera dan Sekretaris
saat mengikuti acara launcing aplikasi E-Bima (16/06/2021)

Kuala Pembuang│pa-kualapembuang.go.id

Seruyan - Senin, 11 Oktober 2021. Bertempat di Ruang Media Center, Ketua PA Kuala Pembuang oleh didampingi Panitera dan Sekretaris mengikuti acara Peluncuran Aplikasi E-Bima (Electronic Budgeting Implementation Monitoring and Accountability) oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. yang dilaksanakan secara daring sesuai dengan surat Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 2151/SEK/KU.01/10/2021 tanggal 06 Oktober 2021 perihal Kegiatan Launching Aplikasi e-BIMA (Electronic Budgeting Implemetation Monitoring and Accountabilty).

Aplikasi yang digagas oleh Ketua mahkamah Agung RI tersebut merupakan inovasi sistem monitoring yang memiliki nilai akuntabilitas untuk mendukung kinerja sistem hukum yang mempunyai fungsi sebagai mitigasi pelaporan keuangan untuk mengurangi risiko-risiko dalam pelaporan keuangan yang tidak sesuai dengan standar pelaporan, menjadi dasar bagi pimpinan satuan kerja dalam mengambil keputusan terkait dengan pengelolaan dan perubahan Pagu anggaran serta sebagai dasar bagi pimpinan dalam menerapkan penilaian kinerja pengelolaan anggaran berbasis reward and punishment. Aplikasi tersebut bertujuan sebagai sarana bantu untuk melakukan pengawasan terhadap pertanggungjawaban pengelolaan dan pelaporan keuangan negara yang terdiri dari pengelolaan keuangan negara, keuangan perkara dan uang titipan pihak ketiga, sehingga dapat memudahkan para pimpinan satker dalam melakukan pengawasan dan monitoring secara akurat dan realtime.

e bima 2

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran kesekretariatan MA atas capaian di bidang pengelolaan keuangan pada tahun 2020 yang meraih opini wajar tanpa pengecualiaan (WTP) yang ke 9 (sembilan) kali secara berturut-turut. “Hadirnya aplikasi e-Bima diharapkan mampu menjadi sarana MA untuk  mempertahankan predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI, karena kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan adalah tanggung jawab kita bersama” tegasnya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa aplikasi E-Bima mempunyai 6 (enam) fitur utama. Pertama, Pagu alokasi anggaran yang menyajikan data mutakhir Pagu Anggaran Mahkamah Agung dan setiap satuan kerja pada empat lingkungan peradilan. Kedua, realisasi DIPA yang menampilkan data realisasi anggaran secara berkala dan realtime. Ketiga, realisasi PNBP guna memantau penerimaan dan realisasinya. Keempat, capaian kinerja seluruh satuan kerja dalam pengelolaan anggaran. Kelima, perbendaharaan yang mencakup data pertanggungjawaban UP secara berjenjang. Keenam, keuangan perkara yang memuat menu terkait kondisi rekapitulasi keuangan perkara. (Redaksi/EAN)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media