header pta Baru

Seminar Nasional Akses Keadilan Bagi Penyandang Disabilitas Berhadapan Dengan Hukum

Written by PA Kuala Kurun on . Posted in Kuala Kurun

Written by PA Kuala Kurun on . Hits: 67Posted in Kuala Kurun

Seminar Nasional Akses Keadilan Bagi

Penyandang Disabilitas Berhadapan Dengan Hukum

 

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Selasa, 24 September 2024 │ Pengadilan Agama Kuala Kurun turut hadir dalam acara seminar nasional yang membahas mengenai akses keadilan bagi penyandang disabilitas berhadapan dengan hukum. Meskipun hanya hadir secara daring via zoom, Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris bisa mengikuti di ruang media center Pengadilan Agama Kuala Kurun.

Beberapa narasumber telah menyampaikan materi terkait penyandang disabilitas berhadapan dengan hukum, diantaranya Audy Murfi MZ, S.H., M.H. Beliau pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Pemberdayaan dan Bantuan Hukum 92015-2017), Sekretaris BPHN (2017-2023) dan sekarang beliau menjabat sebagai Pejabat Fungsional Penyuluh Hukum Ahli Utama (2023-sekarang).

Pentingnya akses keadilan bagi penyandang disabilitas dalam memperoleh bantuan hukum karena penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama untuk dilindungi oleh Undang-Undang. Adapun pemberi bantuan hukum adalah Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang terakreditasi oleh Kemenrterian Hukum dan HAM dan dilaksanakan oleh Advokat dan Paralegal. Selain itu, adapula organisasi Sarana INKLUSI dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) Indonesia yang berperan dalam memberikan pendampingan hukum terhadap penyandang disablitas. Data menunjukkan setiap tahun rata-rata mendampingi sekitar 20 hingga 30 kasus penyandang disabilitas berhadapan dengan hukum.

Tujuan dari bantuan hukum telah diatur dalam Pasal 3 Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 yang termuat dalam empat poin, yaitu asas keadilan, kepastian hukum, hak konstitusi serta peradilan efektif dan efesien.

 

Basmi Pungli, Tolak Gratifikasi, Melayani Sepenuh Hati

Kuala Kurun M.A.N.T.A.P!

“Bravo PA Kuala Kurun!”(Rh-TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Tjilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media