logo pta6

Rapat Pembinaan Pengadilan Agama Buntok

Written by Elwin Purnama on . Posted in Buntok

Written by Elwin Purnama on . Hits: 415Posted in Buntok

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Rapat Pembinaan Pengadilan Agama Buntok

WhatsApp Image 2019-10-28 at 10.06.23.jpeg

Setelah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Pengadilan Agama Buntok melanjutkan kegiatan dengan melaksanakan Rapat Pembinaan Sekaligus Tindak Lanjut dari Akreditasi Penjaminan Mutu pada pukul 09:30 s.d. 11:30 WIB yang dipimpin oleh Bapak H. Muhammad Gafuri Rahman, S.Ag, M.H.I (Ketua Pengadilan Agama Buntok), Bapak Mustolich, S.H.I (Wakil Ketua Pengadilan Agama Buntok), Bapak H. Muhammad Sidik, S.H. (Panitera), dan Bapak Syahminan (Sekretaris). Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Agama Buntok.

WhatsApp Image 2019-10-28 at 10.06.19.jpeg

Rapat dibuka dengan Laporan Hasil Bimbingan Teknis Pemberkasan Perkara Kasasi dan Peninjauan Kembali dari tiga orang pegawai Pengadilan Agama Buntok pada 24 Oktober 2019 di Palangkaraya. Bapak Ibramsyah, S.H. (Panitera Muda Hukum) selaku salah satu pegawai yang mengikuti Bimbingan Teknis tersebut menyampaikan pengiriman berkas kasasi tidak harus mengikuti Buku 2 tetapi bisa juga sesuai dengan kronologisnya dan perkara permohonan dispensasi kawin yang permohonya beragama Non Islam, sedangkan anak yang dimohonkan dispensasi kawin beragama islam, mengingat obyeknya adalah anak dari pemohon beragama islam maka kewenangan mengadili ada pada Pengadilan Agama. Selanjutnya Bu Sri Hidayanti, S.H.I. (Panitera Muda Gugatan) menyampaikan bahwa berkas Kasasi / Peninjauan Kembali yang dikirim ke mahkamah Agung cukup satu rangkap saja dan CD/Flashdisk ditunjukkan ke Panitera Perdata Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia.

WhatsApp Image 2019-10-28 at 10.06.22.jpeg

Selanjutnya Laporan Hasil Bimbingan Teknis tersebut ditambahkan oleh Fuad Syaikani, S.H.I. (Honorer) yang menyampaikan mengenai Perkara Kasasi apabila pihak perkara tidak melakukan kontra memori maka harus ada Surat Keterangan dari Ketua Pengadilannya dan mengenai Sembilan Aplikasi Inovasi Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, saat ini Pengadilan Agama Buntok sudah ada akun tinggal melakukan instalansi namun saat ini Pengadilan Agama Buntok belum memiliki Command Centernya. Rapat ditutup dengan penyambaian Evaluasi mengenai Laporan Akretitasi Penjaminan Mutu yang dirasah masih perlu diperbaiki di bidang kepaniteraan dan kesekretariatan. Oleh : ZMY

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media